Strategi Pengendalian Inflasi Kota Jambi 2024, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih Siapkan Langkah Kongkrit

Strategi Pengendalian Inflasi Kota Jambi 2024, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih Siapkan Langkah Kongkrit

Strategi Pengendalian Inflasi Kota Jambi 2024, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih Siapkan Langkah Kongkrit-ist-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Kota JAMBI Desember 2023, mengalami inflasi "month to month" (mtm) sebesar 0,25 persen, "year on year" (yoy) sebesar 3,72 persen, dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 118,66.

Dibanding November, inflasi Kota Jambi pada Desember 2023 mengalami penurunan.

BACA JUGA:Program Rehabilitasi Psikososial Korban Tindak Pidana

Hal tersebut mengemuka saat Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual pada Rabu (3/1/2024).

Turut hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Kota Jambi, A. Ridwan, seluruh Staf Ahli Wali Kota Jambi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Jambi, Amirullah, Kasi Datun Kejari, Reskrim Polresta Jambi, Kepala BPS Kota Jambi, Perum Bulog, OPD, dan Kabag Teknis Pengendalian Inflasi Kota Jambi.

Disebutkan, dari 90 kota se-Indonesia yang dihitung Indeks Harga Konsumen (IHK), Kota Jambi berada pada peringkat 19 se-Indonesia. Inflasi Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks harga pada 5 kelompok pengeluaran, yaitu : kelompok makanan minuman dan tembakau sebesar 0,53 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,38 persen, kelompok transportasi sebesar 0,45 persen, kelompok informasi komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,08 persen, serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,43 persen.

"Alhamdulillah dari apa yang disampaikan Pak Mendagri, inflasi November yang lalu Kota jambi masuk 10 besar inflasi tertinggi dan pagi ini Kota Jambi tidak masuk ke dalam 10 kota besar tertinggi. Jadi kerja keras dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Jambi membuahkan hasil," ujar PJ Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih.

Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih juga memberi instruksi khusus agar 11 langkah konkret upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi, pada 2024 kembali dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat membantu perekonomian daerah dan menjaga daya beli masyarakat di Kota Jambi

BACA JUGA:Indosat Ooredoo Hutchison Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024

"Kami tegaskan dalam forum tadi bahwa penurunan angka inflasi di Kota Jambi ini jangan membuat kita lengah. Tetapi terus kita harus bekerja keras, karena target kita harus di bawah rata rata nasional, harus di angka 2,5 target kita, dan tadi disampaikan juga kepada seluruh kepala dinas yang sudah menyiapkan dalam rencana kerja anggarannya," jelas Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih.

"Untuk segera mengimplementasikan program-program kerja yang sudah disusun mulai dari Disperindag, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, kemudian Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja Koperasi UMKM, itu tadi sudah kita minta untuk segera Januari ini gaspooll sampai dengan triwulan pertama supaya menghadapi Ramadan, hari raya nanti kita tidak mengalami gejolak harga atau inflasi di Kota Jambi tetap terkendali," lanjutnya.

Lebih lanjut, selain rutin melaksanakan rapat koordinasi mingguan bersama Mendagri, maupun secara internal dalam rangka evaluasi sekaligus akselerasi terhadap upaya pengendalian inflasi, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih juga menyampaikan bahwa, Tim Percepatan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jambi juga membentuk Satuan Tugas Khusus, dalam melaksanakan pemantauan dan pengawasan komoditas pokok masyarakat yang berada di berbagai pasar di Kota Jambi.

"Intervensi pasar juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi sejak beberapa waktu lalu, melalui kegiatan operasi pasar, gelar pangan murah, maupun subsidi terhadap selisih harga beli dan jual ditangan pedagang, agar harga yang diterima masyarakat adalah harga yang terjangkau. Tentunya kami akan terus melakukan pengawasan melekat di pasar," tegasnya.

Sri juga menyampaikan, Pemerintah Kota Jambi, melalui TPID Kota Jambi telah menyusun berbagai rencana strategis upaya pengendalian inflasi Kota Jambi.

Sumber: