AJI Jambi Gelar Editor Meeting Perkuat Informasi Kelompok Marjinal di Media Massa

AJI Jambi Gelar Editor Meeting Perkuat Informasi Kelompok Marjinal di Media Massa

AJI Jambi Gelar Editor Meeting Perkuat Informasi Kelompok Marjinal di Media Massa-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jambi menggelar editor meeting untuk memperkuat informasi kelompok marjinal di ruang redaksi. Acara yang digelar di Rumah Kito Hotel, Jumat (15/12) itu mengundang 10 editor yang berkerja di ruang redaksi media, baik skala lokal dan nasional yang ada di Jambi

Diskusi dengan tajuk "Editor Meeting: Penguatan Informasi Terhadap Kelompok Marjinal" menjadi sarana berbagi untuk membahas berbagai isu dan pemberitaan media.

Editor media di ruang redaksi menjadi nakhoda pemberitaan media.

Sebab itu, editor, redaktur, redpel, atau pemimpin redaksi (pemred) memiliki peran yang sangat menentukan kebijakan di ruang redaksi untuk memperkuat isu-isu kelompok marjinal, terlebih saat ini telah memasuki tahun politik.

"Editor Meeting ini salah satu hal yang diperlukan untuk mengembalikan pentingnya pemberitaan media yang berpegang pada kode etik dan melindungi kelompok marginal di media. Sehingga, dukungan dari editor atau pimpinan redaksi sangat menentukan untuk memperkuat informasi terhadap kelompok marjinal ini," kata Sekretaris AJI Jambi Gresi Plasmanto.

BACA JUGA:Liburan Sudah Tiba! Objek Wisata Air Terjun Talang Kemulun Kerinci, Menyimpan Pesona Indah

Berbagai masukan dalam pertemuan editor meeting ini sangat menentukan.

Menurut Gresi, media perlu memberikan suara bagi komunitas yang terpinggirkan serta memastikan bahwa keprihatinan pada kelompok marginal ini dapat disampaikan secara terbuka.

"Jadi kita (peserta diskusi) dalam pertemuan ini bisa mendapatkan gambaran mengenai perspektif redaksi, dukungan dan kendala yang tujuannya untuk penguatan informasi terhadap kelompok marjinal," kata Gresi.

Sementara itu, pemantik diskusi Suwandi dalam pertemuan itu memaparkan berbagai riset ihwal pemberitaan kelompok marjinal dan minoritas dari berbagai media di tanah air.

BACA JUGA:Peresmian TPA, Tampung Sampah Hingga 450 Ton

Menurut Wendi--sapaan karib Suwandi, menjelang pemilu saat ini isu marjinal sangat mudah digoreng. Begitu pula dengan hoaks yang meningkat tajam dan tak terbendung.

Dan ironisnya para politisi ataupun para calon yang berkompetisi dalam pemilu itu turut menyuarakan sekaligus mengeksploitasi ujaran kebencian terhadap kelompok marjinal.

"Masyarakat ataupun kita yang bekerja di media jangan sampai menjadi echo chamber dan mengamplifikasi pernyataan ujaran kebencian tersebut," ujar Wendi

Sumber: