Taklimat Media dan Peluncuran Produk Kantor Bahasa Provinsi Jambi 2023 Berjalan Sukses

Taklimat Media dan Peluncuran Produk  Kantor Bahasa Provinsi Jambi 2023 Berjalan Sukses

Taklimat Media dan Peluncuran Produk Kantor Bahasa Provinsi Jambi 2023 Berjalan Sukses-Ist -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Sebagai instansi pemerintah yang memiliki tugas melaksanakan pelindungan dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia di wilayah kerjanya, sesuai dengan peraturan menteri Kemdikbudristek Nomor 12 tahun 2022.

Kantor Bahasa Provinsi Jambi melaksanakan Taklimat Media dan Peluncuran Produk Tahun 2023 di Hotel Swiss-bel, Rabu, 13 Desember 2023.

Dalam taklimat ini disampaikan tentang program, target, inovasi, dan capaian kinerja Kantor Bahasa Provinsi Jambi sepanjang 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemangku kepentingan di bidang pemerintahan dan pendidikan, komunitas literasi, serta awak media.

Turut hadir Sekda Provinsi Jambi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintahan, Arif Munandar, yang menyampaikan materi terkait peran pemerintah daerah sebagai mitra kerja Kantor Bahasa Provinsi Jambi. 

"Pemerintah Provinsi Jambi bermitra dengan Kantor Bahasa dalam mengarusutamakan bahasa Indonesia di lingkungan publik. Kerjasama itu kami lakukan dalam pembuatan surat-surat dinas yang dikeluarkan pemerintah, yang telah memenuhi standar penggunaan bahasa Indonesia" kata Arif.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum., dalam paparannya menyampaikan bahwa pada 2023 Kantor Bahasa Provinsi Jambi telah berhasil merealisasikan target kinerja yang ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja (PK) sehingga meningkatkan nilai sistem akuntabilitas kinerja Kantor Bahasa Provinsi Jambi, yakni 86,85.

Pencapaian target ini diperoleh melalui kegiatan yang diampu oleh setiap Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP). 

BACA JUGA:3 Langkah Alternatif Pembiayaan Infrastruktur

"Setelah melalui pergantian tiga pimpinan Kantor Bahasa, mulai dari Sukardi Gau yang saat ini dipindahtugaskan ke Kantor Bahasa Papua, dilanjutkan dengan PLT Zaki, saat ini menjadi TU di Kantor Bahasa Aceh, hingga saya saat Juni hingga sekarang, hal ini tetap mampu mensinergikan program Kantor Bahasa Jambi" kata Adi.

KKLP Literasi yang mengampu kegiatan literasi telah melakukan pendampingan bagi 20 komunitas literasi di Provinsi Jambi.

Salah satu pendampingan itu dilakukan kegiatan Kemah Literasi yang diikuti oleh pegiat literasi di Provinsi Jambi.

Pada program kemahiran berbahasa, KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) mencatat bahwa sebanyak 2.608 orang telah mengikuti UKBI, sedangkan KKLP Pembinaan Bahasa dan Hukum telah membina 287 orang melalui program peningkatan kemahiran berbahasa. KKLP Bahasa dan Hukum juga  memfasilitasi 47 lembaga dalam pengutamaan bahasa negara.

BACA JUGA:TNI AL Panggil Putra-Putri Terbaik Bangsa Bergabung Menjadi Prajurit Jalasena 2024

Sumber: