Lakukan Kunker, Menteri LHK Beri Pengakuan Khusus Upaya Jambi dalam Pengendalian Karhutla

Lakukan Kunker, Menteri LHK Beri Pengakuan Khusus Upaya Jambi dalam Pengendalian Karhutla

Lakukan Kunker, Menteri LHK Beri Pengakuan Khusus Upaya Jambi dalam Pengendalian Karhutla-ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Dinas Kehutanan Provinsi JAMBI bersama Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove (BRGM) Mendampingi kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya pada Senin 20 November 2023. Dalam kegiatan ini Menteri Siti Nurbaya  memberikan pengakuan khusus terhadap upaya Provinsi JAMBI dalam mengendalikan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

Dinas Kehutanan Provinsi Jambi bersama Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove (BRGM) mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya, dalam rangka pengendalian Karhutla Restorasi tata kelola lahan gambut, dan Ppenanaman bersama masyarakat di Desa Peduli Gambut Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Senin 20 November 2023.

BACA JUGA:Wako Ahmadi Hadiri Apel Kebangsaan & Deklarasi Pemilu Damai 2024

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Rut Kruger Giverin, Gubernur Jambi Al Haris, dan Kepala BRGM Hartono, untuk melakukan peninjauan khusus terhadap area tata kelola lahan gambut.

BACA JUGA:8 Manfaat yang Jarang Diketahui Jika Melakukan Donor Darah, No 2 dapat Pengobatan Penyakit Kronis

Dalam kegiatan ini para rombongan melihat secara langsung alat pantau tinggi muka air tanah (aptma) yang digunakan untuk mengendalikan lahan gambut dan mencegah kebakaran.

Selain itu, Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Ri Siti Nurbaya juga melakukan dialog intensif dengan masyarakat yang di moderatori langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris.

BACA JUGA:Perkembangan Kecanggihan Kecerdasan Buatan (AI), No 3 AI di Bidang Kesehatan juga Digunakan

Dalam dialog tersebut Menteri Siti Nurbaya Mengatakan, tahun ini Provinsi Jambi sangat nyata dalam mengatasi karhutla,dirinya juga mengatakan saat peninjauan dirinya juga sudah melihat secara langsung faktor faktor apa yang membuat jambi berhasil dalam mengatasi karhutla, dirinya mengatakan bahwa jambi berhasil mengatasi karhutla dengan sistem kerja yang efektif mulai dari kebijakan gubernur hingga dukungan masyarakat.

Sementara itu dalam diskusi tersebut Kepala BRGM Hartono mengatakan, bahwa aptma yang dipasang oleh pihak BRGM bertujuan untuk pengumpul informasi kondisi khg di suatu wilayah.

BACA JUGA:Kominfo Siapkan Pedoman Etika AI

Dalam diskusi ini, Dubes Norwegia Rut Kruger Giverin, menekankan peran Indonesia dalam pengendalian iklim dan mengapresiasi kepemimpinan Menteri LHK Siti Nurbaya, beliau menyebutkan bahwa Norwegia mendukung upaya Indonesia dalam rehabilitasi hutan, konservasi keanekaragaman hayati, penegakan hukum, dan partisipasi masyarakat.

Sumber: