Pasca Karhutla 2023, 10.000 Pohon Ditanam di Hutan Harapan

Pasca Karhutla 2023, 10.000 Pohon Ditanam di Hutan Harapan

Pasca Karhutla 2023, 10.000 Pohon Ditanam di Hutan Harapan-Sandi/Jektvnews-

JEKTVNEWS.COM - Dalam memulihkan kembali hutan dataran  rendah yang tersisa di pulau Sumatera pasca kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2023, maka dilakukannya penanaman 10.000 pohon oleh beberapa pencinta alam, di Desa Bungku, kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Kegiatan penanaman 10.000 pohon ini dilakukan mulai dari mahasiswa Biologi, Go Green, Mapala Unja, 10 komunitas mobil, serta pihak kepolisian dan TNI.

BACA JUGA:Pertama dan Terbaru di Jambi, Funworld Hadir dengan Funworld Bowling dan Win Inc Box Area

Dari hasil data tim perlindungan hutan harapan tercatat sekitar 181 hektar kawasan hutan harapan sudah terbakar selama periode bulan Agustus - Oktober 2023.

Mengenai titik kebakaran yang sering terjadi kebanyakan di areal konflik seperti, sungai Jerat, Masai rusa, dan sungai lalan, untuk mengantisipasi hal tersebut, tim pemadam karhutla hutan harapan berupaya terus menjaga agar tidak terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:Astra Financial dan WeLab Luncurkan Bank Saqu sebagai Inovasi Layanan Perbankan Digital

Hingga di bulan November 2023, memasuki musim penghujan, tim hutan harapan berupaya melakukan penanaman di areal bekas karhutla.

Total bibit pohon yang telah tertanam hingga Minggu kedua di Bulan November, sudah mencapai 3000 bibit pohon.

"Terima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah membantu hutan harapan dari proses penanganan karhutla hingga kegiatan pemulihan hutan harapan melalui tanam pohon bersama. Semoga hutan kita segera pulih dan generasi kita selanjutnya dapat merasakan manfaat dari hutan ini," ungkap Direktur PT REKI Adam Aziz.

BACA JUGA:Tahap ke 2 ke Palestina, Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan

Sridewi Ariani mahasiswa yang turut terlibat melakukan penanaman pohon di hutan harapan mengaku sangat prihatin atas kondisi hutan yang mengalami karhutla beberapa waktu lalu.

Sementara, Tedjo Sukmono selaku Dosen Biologi Universitas Jambi menyampaikan bahwa, kegiatan penanaman pohon ini sekaligus mengenalkan laboratorium biologi di lapangan kepada mahasiswa dan sekaligus membantu mengembalikan hutan dengan melakukan penanaman pohon di lokasi hutan harapan.

"Mudah-mudahan ini membawa pesan baik untuk mencintai lingkungan," ujarnya.

Kemudian, Kapolsek Bajubang AKP Orivan Inanda menyampaikan bahwa, agar lahan bekas karhutla ini dapat segera pulih dan hijau kembali.

Sumber: