Festival Kota Minyak Kenduri Swarnabhumi di Batanghari

Festival Kota Minyak Kenduri Swarnabhumi di Batanghari

Festival Kota Minyak Kenduri Swarnabhumi di Batanghari-Kominfo Batanghari -

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Mewakili Bupati Batang Hari Sekda Muhamad Azan, membuka secara resmi Festival Kota Minyak Kenduri Swarnabhumi, Kamis malam (9/10) Bertempat di halaman Gedung Mustika Pertamina Kecamatan Bajubang.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Batang Hari, Sekda Mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas terselenggaranya acara Festival Kota Minyak (FKM) 2023.

Kegiatan itu bertujuan untuk menggali sejarah keemasan dikala ekploirasi minyak bumi yang dilakukan Belanda dan Amerika, dikawasan yang pernah disebut desa metropolitan di era kejayaanya.

BACA JUGA:Menteri Ketenagakerjaan Pastikan Kenaikan Upah Minimum Pekerja

Bajubang pada masa keemasannya dilengkapi fasilitas penunjang layaknya kota metropolitan, perkantoran yang megah, rumah sakit yang lengkap, kolam renang, lapangan golf dan bioskop dapat kita temui di Desa ini.

Fasiltas-fasiltas modern itu sangat jarang kita temui di ibu kota Kabupaten atau kota setingkat Provinsi kala itu.

Tentu hal itu tidak lepas dari melimpahnya sumber minyak bumi serta adanya tuntunan Masyarakatnya yang beragam.

BACA JUGA:Sering Makan Mie Instan, Apakah Boleh? Simak Penjelasannya Berikut ini

FKM selayaknya menjadi wahana aktualisasi akumulasi pesan dari masa lalu, sekaligus menghantarkan selaksa makna yang sudah seharusnya direaktualisasi pada zaman kini dan di masa depan.

Bagaimanapun, transformasi budaya adalah langkah terbaik dalam menjemput perubahan dan memperkaya makna, karena hakikat sifat budaya adalah penuh dinamika, dan bergerak progresif untuk maju.

Progresifitas inilah, yang sudah selayaknya menjadi spirit dalam setiap perhelatan Festival Kota Minyak.

BACA JUGA:9 Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

Turut hadir pihak Kemendikbud Ristek RI, pihak Pertamina, jajaran Pemerintah Daerah dan tokoh Lembaga adat dalam Kabupaten Batang Hari.

Beberapa tarian ditampilkan dalam kegiatan pembukaan acara tersebut.

Sumber: