Menteri Keuangan Sri Mulyani Soroti Pengoptimalan Aset Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Soroti Pengoptimalan Aset Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Soroti Pengoptimalan Aset Negara--Instagram @sriindrawati

JEKTVNEWS.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menekankan bahwa Indonesia memiliki banyak aset negara yang nilainya mencapai Rp11 ribu triliun yang masih memiliki potensi besar untuk dioptimalkan. Pernyataan ini disampaikan dalam acara Malam Penganugerahan The Asset Manager pada hari Selasa, 17 Oktober 2023. Sri Mulyani, yang akrab dipanggil Ani, menjelaskan bahwa negara berkembang seperti Indonesia perlu mencari sumber daya tambahan untuk mendukung pembangunan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah meningkatkan kemampuan dalam menciptakan aset melalui skema pembiayaan kreatif.

BACA JUGA:Proyeksi Pergerakan IHSG dan Sentimen Pasar Saham Masa Daftar Capres-Cawapres

Ia menyoroti bahwa kemampuan untuk mengelola aset negara dengan lebih efisien masih relatif baru di Indonesia, dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) diharapkan menjadi pionir dalam memanfaatkan aset dengan prinsip "the best and highest use." Sri Mulyani mengatakan, "Sering saya bilang kepada teman-teman, aset harus bekerja keras, bukan hanya kita yang bekerja keras untuk aset." Ia menegaskan bahwa negara-negara lain, seperti Inggris dan Prancis, telah sukses dalam mengelola aset secara efektif.

BACA JUGA:Sinsen Berikan Beragam Promo Menarik di Bulan Oktober

Selama kunjungan ke negara-negara tersebut, menteri keuangan Indonesia itu melihat contoh bagaimana aset lama dapat digunakan kembali dengan cara yang bermanfaat. Sebagai contoh, ia merujuk kepada gedung OECD di Paris yang awalnya adalah bangunan kolonial, tetapi kini telah diubah menjadi tempat aktivitas yang indah. Ia berharap bahwa ini akan memberikan inspirasi bagi Indonesia untuk lebih baik mengelola aset-asetnya, yang pada gilirannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjadi pendorong utama perekonomian kita.

Sumber: