Takut Tertular Penyakit Ketika Memelihara Kucing? Berikut Cara Memeliharanya Agar Tetap Sehat

Takut Tertular Penyakit Ketika Memelihara Kucing? Berikut Cara Memeliharanya Agar Tetap Sehat

cara tetap sehat memelihara kucing-ist-

JEKTVNEWS.COM - Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak disenangi karena tingkah lakunya yang lucu, menggemaskan dan bersahabat dengan manusia.

Banyak sekali pecinta kucing yang memelihara hewan ini sebagai teman dirumah, untuk menghilangkan stress atau mengurangi beban pikiran.

Kucing merupakan hewan yang dipercaya dapat memberikan dorongan emosional, meningkatkan suasana hati dan berkontribusi untuk menjadi teman pemiliknya.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Los Jambi Dukung Penghapusan Penjualan Lewat Live Aplikasi

Meskipun banyak sisi positif memelihara kucing, terkadang kucing dapat menularkan berbagai penyakit kepada manusia. Seperti infeksi penyakit kulit atau infeksi virus yang ditularkan kucing kepada manusia.

Penyakit kucing biasanya ditularkan kepada  manusia melalui bulu kucing, air liur serta kotoran kucing.

Dilansir dari Center for Disease Control and Prevention, untuk tetap hidup sehat meskipun memelihara banyak kucing dirumah, ada beberapa cara yang perlu dilakukan bagi pemelihara kucing.

Cara tetap sehat dan menghindari penyakit dari kucing:

1. Beri kucing makanan sehat

Langkah pertama yang diperlukan adalah memberikan kucing makanan sehat. Melalui makanan, kucing bisa terjangkit penyakit seperti virus yang menyerang apabila makanan tersebut mengandung kuman dan bakteri.

Selain itu, makanan yang kurang sehat bisa menyebabkan bulu kucing rontok.

Makanan yang baik untuk kucing adalah makanan yang kaya protein dan vitamin.

Tidak hanya itu, air yang diminum perlu dipastikan adalah air yang bersih sehingga dapat memperlancar proses pencernaan si kucing yang membuatnya terhindar dari penyakit.

2. Memandikan kucing 

Untuk menjaga kebersihan rumah bagi pemelihara kucing, kucing harus rutin dibersihkan dengan memandikannya minimal seminggu dua kali.

Selain untuk kebersihan, memandikan kucing juga dapat menghilangkan kutu, jamur dan parasite yang menempel pada bulu kucing.

Kucing yang bersih akan mengurangi risiko terjangkitnya kuman apabila berkeliaran didalam rumah. 

BACA JUGA:Banggakan Indonesia, Pembalap Astra Honda Fadillah Arbi Debut di GP Mandalika

3. Membuat tempat buang air khusus

Kotoran kucing menjadi salah satu sumber penyakit.

Supaya terhindar dari penyakit, sebaiknya kucing dibuatkan tempat khusus untuk buang air berupa litter box berisi pasir khusus kotoran kucing yang ditempatkan disalah satu sudut rumah.

Penempatan liter box ada baiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak, makanan dan peralatan memasak.

4. Rajin mencuci tangan 

Penularan penyakit dari hewan peliharan biasanya diakibatkan hewan yang sedang sakit.

Oleh karena itu, setelah menyentuh kucing yang sedang sakit maka diharuskan mencuci tangan yang bersih agar tidak terjangkit virus penyebab penyakit kucing.

Begitu juga setelah membersihkan kotoran dan setelah memberi makan kucing, dianjurkan untuk segera mencuci tangan sebelum menyentuh benda lainnya.

5. Menyikat bulu kucing secara rutin

Menyikat atau menyisir bulu kucing secara teratur dapat mengurangi bulu kucing yang rontok.

Rajin menyikat bulu kucing juga menghilangkan serpihan kulit mati dan mensimulasi sirkulasi darah, sehingga dapat merangsang regenerasi kulitnya secara keseluruhan. 

6. Mengunjungi dokter hewan 

Perawatan kucing yang tepat harus melibatkan dokter hewan yang lebih paham.

Kunjungan ke dokter hewan dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan hewan, mendeteksi penyakit sedini mungkin, memberikan vaksin, membersihkan gigi dan melakukan sterilisasi. 

Dengan memberikan perawatan yang baik terhadap kucing, maka kucing akan terbebas dari penyakit sehingga kesehatan manusia yang memelihara tetap aman.

Jadi, tidak perlu khawatir apabila si kucing dibiarkan berkeliaran didalam rumah selama memerhatikan kebersihan dan kesehatannya.

Sumber: