Tim Pengabdian Masyarakat FST Universitas Jambi Kembangkan Teknologi Pemantauan Kualitas Air Berbasis IoT

Tim Pengabdian Masyarakat FST Universitas Jambi Kembangkan Teknologi Pemantauan Kualitas Air Berbasis IoT

Pengabdian Masyarakat -Ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Fakultas Sains dan Teknologi Universitas JAMBI melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu, 23 September 2023 di Desa Mendalo Darat.

Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Mardian Peslinof dengan anggota tim M. Ficky Afrianto, Yoza Fendriani serta Benedika Ferdian Hutabarat.

Acara dibuka dengan sambutan dari anggota tim pengabdian Bapak M. Ficky Prasetyo serta Ketua RT 14 Mendalo tempat kegiatan berlangsung yaitu Bapak Syafrial. Dalam kegiatan ini melibatkan mahasiswa dari program studi Fisika serta masyarakat Mendalo Darat RT 14 dan sekitarnya. 

BACA JUGA:Udara Tidak Sehat, Begini Penyebab dan Dampaknya

Pada pengabdian ini disampaikan untuk budidaya lobster punya peluang yang sangat besar namun sering terkendala pada pemantauan kualitas air.

Suhu, pH, kadar oksigen dan ammonia air merupakan faktor penting untuk hidup lobster. Sayangnya selama ini masih dilakukan kontrol secara manual.

Dengan tujuan membantu pemantauan kualitas air, tim pengabdian mengintegrasikan berbagai sensor menjadi teknologi pemantau kualitas air berbasis Internet of Things sehingga dapat memantau kualitas air secara real time.  

BACA JUGA:Teknisi Sepeda Motor Honda Indonesia Siap Adu Skill di Kompetisi Tingkat Dunia

Kolam pembibitan didepan secara vertikal agar bisa memanfaatkan lahan yang terbatas. Sehingga dengan teknologi ini masyarakat dapat membudidayakan lobster dengan efektif dan efisien.

Tidak hanya untuk masyarakat Desa Mendalo Darat, mahasiswa juga punya peluang wirausaha yang sangat besar dalam mengimplementasikan ilmunya untuk budidaya lobster ini sehingga menambah nilai ekonomi. 

BACA JUGA:Bahaya Mengkonsumsi Minyak Goreng Berlebihan, Dampak Negatif pada Kesehatan

Saat sosialisasi dilakukan praktek langsung menggunakan sistem pemantauan kualitas air ini kepada Masyarakat, dimana parameter air kolam langsung terhubung ke handphone agar masyarakat dapat memahami penggunannya.

Penggunaan sistem ini memungkinkan untuk mengetahui kondisi kolam secara jarak jauh melalui smartphone, sehingga kondidisi budi daya lobster yang dilakukan dapat diketahui tanpa harus langsung ke kolam.

BACA JUGA:Tanggap Darurat Asap, Pemkot Jambi Perpanjang Masa Pembelajaran Daring

Sumber: