Pengabdian Masyarakat, Peningkatan Potensi Air Tanah dan Batuan Dasar Bawah Permukaan di Desa Mendalo Darat

Pengabdian Masyarakat, Peningkatan Potensi Air Tanah dan Batuan Dasar Bawah Permukaan di Desa Mendalo Darat

Fakultas ilmu sains dan teknologi Universitas Jambi -Ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pada hari Minggu 10 September 2023, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi terdiri dari Yoza Fendriani, S.Pd., M.Si., Mardian Peslinof, S.Si., M.Si., M.Ficky Afrianto, S.Si., M.Si., Samsidar, S.Si., M.Si., dan Sherli Yurinanda, S.Pd., M.Si., melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Perumahan Pesona Akbar Asri, Desa Mendalo Darat.

Kegiatan ini bermitra dengan masyarakat Desa Mendalo Darat, Kec. Jaluko, Kab. Muaro Jambi dan melibatkan mahasiswa dari program studi Fisika, Matematika serta Teknik Geofisika.

Tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai Yoza Fendriani, S.Pd., M.Si., berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan saling bertukar informasi untuk dapat bekerjasama di waktu yang akan datang.

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Hadiri Sosialisasi Antikorupsi dan Gratifikasi bersama anggota DPRD Jambi dan Kota Jambi

Dalam sambutannya, Perwakilan dari Tim Pengabdian Masyakarat, Sherli Yurinanda, S.Pd., M.Si., menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Mendalo Darat yang telah berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Ia menuturkan pemahaman terkait potensi air tanah dan batuan dasar bawah permukaan mungkin diperlukan masyakarat dalam perencanaan pembuatan sumur galian atau sumur bor serta perencanaan pengembangan hunian. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Bapak Reka Darmawan, S.Pd., ketua Perumahan Pesona Akbar Asri sebagai perwakilan masyakarakat Desa Mendalo Darat juga mengungkapkan terimakasih kepada tim pengabdian masyarakat atas penyelenggaraan kegiatan ini.

BACA JUGA:Wajah Tampak Awet Muda! Gunakan Campuran Air Mawar dan Jeruk Nipis, Berikut Tipsnya

Beliau berharap adanya kegiatan lanjutan yang dilaksanakan agar masyarakat bisa terus bertukar pikiran terkait persoalan yang dapat diselesaikan dengan sains dan teknologi.

Bapak Ficky Afrianto, S.Si., M.Si., menyampaikan materi  tentang potensi air tanah dan identifikasi batuan bawah permukaan di lingkungan Desa Mendalo Darat.

Dengan penyampaian materi ini, masyarakat diharapkan mempunyai gambaran tentang kedalaman dan dimana lokasi air tanah yang baik serta kondisi struktur lahan untuk ketahanan bangunan. Beliau menuturkan, potensi air tanah baik letak dan persebarannya berdasarkan nilai resistivitas menggunakan metode geolistrik.

Disamping itu, batuan dasar bawah permukaan yang berpengaruh terhadap ketahanan dan kekuatan bangunan berdasarkan nilai resistivitas batuan menggunakan metode geolistrik.

Dosen Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi yang sering melakukan penelitian terkait geolistrik ini menyampaikan informasi dengan menarik sehingga masyarakat terlihat antusias berdiskusi pada sesi tanya jawab. 

Sumber: