Wacana Pembubaran KPK, Begini Tanggapan Presiden Jokowi

Wacana Pembubaran KPK, Begini Tanggapan Presiden Jokowi

KPK Bentuk Tim Khusus-KPK-

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memiliki sistem yang bagus dan sering melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi ketika menanggapi adanya wacana atau usulan pembubaran KPK yang diusulkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

"Lembaganya kan bagus. Sistemnya sudah bagus, tiap bulan juga ada OTT," ujar Jokowi di Pasar Brahrang, Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/8).

BACA JUGA:KTT ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023, Panglima TNI Terus Tingkatkan Pengamanan

Namun demikian, Jokowi tetap menilai keberadaan KPK tetap harus dievaluasi. Presiden menyebut setiap lembaga pasti ada kekurangan yang harus dievaluasi dan diperbaiki.

"Saya kira semua lembaga ada kurangnya. Saya kira itu yang harus diperbaiki, dievaluasi," ucapnya.

BACA JUGA:Membedakan Uang Rupiah Asli dan Palsu, Tips untuk Menghindari Penipuan

Sebelumnya, Megawati mengungkapkan dirinya pernah mengusulkan pembubaran KPK kepada Presiden Jokowi. Dia menilai keberadaan KPK tidak efektif dalam menangani korupsi di Indonesia.

"Udah deh bubarin aja itu pak. Jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong cespleng," tutur Megawati di acara acara sosialisasi buku teks utama pendidikan Pancasila, Senin (21/8).

Sumber: