Sandiaga Uno Ditunjuk Menjadi Menko Kemaritiman dan Investasi Ad Interim

Sandiaga Uno Ditunjuk Menjadi Menko Kemaritiman dan Investasi Ad Interim

Sandiaga Uno Ditunjuk Menjadi Menko Kemaritiman dan Investasi Ad Interim-ist-

JEKTVNEWS.COMPresiden Joko Widodo telah mengambil langkah penting dengan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim.

Hal ini merupakan respons atas perjalanan dinas Menteri Luhut Binsar Pandjaitan ke luar negeri. Penunjukan Sandiaga Uno menjadi Menko Marves Ad Interim tersebut diumumkan melalui surat resmi yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada tanggal 18 Agustus 2023.

BACA JUGA:Membantu Perekonomian Negara, Berikut Cara Perbankan Melakukannya

Dalam surat tersebut, Presiden mengumumkan dengan hormat bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, akan menggantikan posisi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim.

Keputusan ini diambil karena Menteri Luhut Binsar Pandjaitan sedang dalam perjalanan dinas luar negeri, yang direncanakan dari 19 hingga 26 Agustus 2023. Selama perjalanan ini, Menteri Luhut akan mengunjungi empat negara di Afrika, yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

Selama perjalanan tersebut, Menteri Luhut akan mendampingi Presiden Joko Widodo, yang telah tiba di Kenya pada Minggu, 20 Agustus 2023 dan dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Jumat, 25 Agustus 2023.

BACA JUGA:Cara Mengakhiri Cinta dengan Coklat setelah Ketertarikan Romantis Hilang

Kunjungan ini juga melibatkan beberapa pejabat penting, termasuk Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga telah berangkat terlebih dahulu ke Afrika untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.

Dalam konteks ini, Jokowi telah menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menlu Ad Interim selama Menlu Retno sedang dalam tugas di Afrika. Keputusan Presiden untuk menunjuk Sandiaga Uno sebagai Menko Marves Ad Interim menunjukkan kesiapan pemerintah dalam mengatasi situasi dan memastikan kelancaran tugas-tugas kunci di berbagai bidang pemerintahan, termasuk kemaritiman dan investasi.

Sumber: