Presiden Jokowi Harap Negara China Bisa Menjadi Mitra Strategis dalam Pembangunan IKN

Presiden Jokowi Harap Negara China Bisa Menjadi Mitra Strategis dalam Pembangunan IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi Jinping -Setpresri-

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi Jinping kembali menjalin kerjasama diantara kedua negara tersebut, bertempat di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/7).

Diketahui, kerjasama tersebut meliputi penguatan perdagangan, investasi, kerja sama di bidang kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga kerja sama riset serta teknologi.

"Ke depan kita perlu terus dorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk laut Indonesia," kata Jokowi dikutip dari laman Setkab, Jumat (28/7).

BACA JUGA:Berlaku Skema Berbayar di 2024, Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tidak Lagi Gratis

Terkait Pembangunan IKN, dirinya berharap China dapat terus menjadi mitra strategis kedepannya.

"Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN," ujarnya.

BACA JUGA:Dishut Provinsi Jambi Gelar Bimtek Pembangunan Sekat Kanal dan Pertanggungjawaban Keuangan Swakelola

Kemudian, Presiden Jokowi menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Tiongkok.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping juga membahas beberapa isu kawasan meliputi kerja sama ASEAN-RRT hingga dukungan RRT terhadap sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

"Indo-Pasifik adalah kawasan strategis yang harus kita jaga sebagai kawasan damai dan stabil," pungkasnya.

Sumber: