Benarkah Lampu Mati Membuat Tidur Nyenyak di Malam Hari? Ini Faktanya

Sabtu 10-06-2023,16:25 WIB
Reporter : Selviana
Editor : Sandi

JEKTVNEWS.COM - Pernyataan "lampu mati di malam hari membuat tidur nyenyak" tidak benar secara umum. Meskipun beberapa orang mungkin lebih nyaman tidur dalam kegelapan total.

Tidur nyenyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti lingkungan tidur yang tenang, suhu ruangan yang nyaman, kenyamanan tempat tidur, tingkat kelelahan fisik dan mental, serta kebiasaan tidur yang baik. 

Beberapa orang mungkin merasa terganggu oleh cahaya yang memancar dari lampu saat tidur, sementara yang lain mungkin tidak terpengaruh sama sekali.

BACA JUGA:Sering Masuk Angin? Berikut Beberapa Obat yang Bisa Digunakan Untuk Mengobati

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, disarankan untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan mengikuti rutinitas tidur yang baik. 

Beberapa tips yang dapat membantu tidur nyenyak antara lain:

1. Membuat kamar tidur yang gelap

Menggunakan tirai tebal atau penutup mata dapat membantu memblokir cahaya yang masuk dan menciptakan lingkungan tidur yang gelap.

2. Menciptakan suasana yang tenang

Mengurangi kebisingan dan gangguan suara di sekitar tempat tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak. Gunakan bantuan suara yang menenangkan atau bising putih jika diperlukan.

BACA JUGA:Epic Comeback, Drama Bloodhounds Trending Woo Do Hwan Usai Wamil

3. Menjaga suhu yang nyaman

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu tidur. Pastikan suhu ruangan sesuai dengan preferensi kamu

4. Hindari stimulan sebelum tidur

Minuman atau makanan yang mengandung kafein, aktivitas fisik yang intens, dan paparan layar gadget yang terang sebelum tidur dapat mengganggu tidur. Coba hindari hal-hal ini beberapa jam sebelum tidur.

Kategori :