Dampak Sosial Ekonomi Pertambangan Batubara

Senin 08-05-2023,15:05 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Sandi

JEKTVNEWS.COM - Indonesia memiliki kekayaan sumber alam yang berharga dan melimpah, baik SDA yang dapat diperbarui maupun tidak. Salah satu sumber daya alam Indonesia yang memiliki komoditi ekspor terbesar yaitu batubara.

BACA JUGA:Bulan Juni, SimInvest Umumkan Pemenang Fanmeeting V BTS

Batubara adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk dari endapan organik selama puluhan juta tahun lalu dan salah satu bahan bakar fosil yang dapat terbakar. Batu bara merupakan hasil akumulasi tumbuhan yang mati dan tidak dapat terdegradasi secara sempurna yang kemudian terpreservasi dengan baik dalam keadan anaerobic.

BACA JUGA:Sempat di kritik, Uhm Jung Hwa Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Indonesia yang merupakan negara tropis dan mempunyai banyak hutan, bukit serta pegunungan sangat berpotensi menjadi negara penghasil batubara.

Batubara terdiri dari berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda. Ada banyak faktor yang menentukan karakter dari batubara seperti fosil tumbuhan dan hewan yang terurai dan mengalami proses pemanasan di dalam tanah serta diawali dengan perubahan menjadi gambut kemudian menjadi lignit. Sehingga faktor penting yang menyebabkan batubara terbentuk adalah suhu panas, tekanan dan waktu yang lama turut mempengaruhi proses terjadinya pembentukan batubara.

BACA JUGA:Akhirnya, Rizky febian memantapkan diri untuk melamar Mahalini

Jenis batubara dengan kualitas tinggi banyak dimanfaatkan di Indonesia sebagai gas, minyak serta energi pembangkit listrik dengan batubara sebagai bahan bakarnya (Nathanael, 2021).

Dominasi batubara sebagai sumber energi di Indonesia menjadi sangat populer bahkan disebut sebagai emas hitam (Blackgold), karena pemerintahan Indonesia saat ini terus meningkatkan produksi dan ekspor batubara.

BACA JUGA:38 Korban Kecelakaan Bus di Tangerang Selatan, 1 Orang Meninggal Dunia

Komoditas ini memberikan kontribusi yang sangat besar sebagai sumber pendapatan negara dalam melaksanakan pembangunan nasional. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan IESR (2019), kontribusi pendapatan negara indonesia sangat dipengruhi dari sector penjualan batubara, baik pasar dalam negeri maupun pasar global yang mana negara tujuan ekspor tersebut adalah Jepang, China, India dan korea selatan.

BACA JUGA:Lineup We The Fest 2023, The 1975 Hingga Lewis Capaldi Siap Gemu Musik Tanah Air

Batubara memiliki kontribusi besar dan bedampak positif bagi perekonomian negara dan memiliki peranan penting terhadap pembangunan, perkembangan ekonomi dan terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

Menurut BPS (Badan Pusat Statistik) industri batubara mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar dan mampu menciptakan tenaga kerja yang handal, hal ini dikarenakan tenaga kerja yang diperlukan memiliki keterampilan dan kemampuan khusus.

BACA JUGA:Acara Perpisahan Siswa Kelas XII SMAN 9 Kota Jambi, Istri Gubernur Jambi Turut Hadiri

Kategori :