KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Jambi (FEB - Unja) yang dilaksanakan Sabtu 6 Juli 2024, kali ini meluluskan Irfan Widyanto sebagai Doktor Ekonomi baru, yang mengangkat penelitian mengenai Nilai dan Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan, serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas melalui Kepercayaan Pelanggan : Studi Empiris Pengguna Jaringan Internet Indihome di Provinsi Jambi.
Ketua Sidang yang juga Dekan FEB - Unja Prof. Shofia Amin, mengatakan, disertasi Promovendus bercerita bagaimana meningkatkna loyalitas pelanggan.
Karena saat ini Indihome sekarang tidak lagi monopoli namun sudah banyak pesaing. Peneliti menjelaskan bahwa loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kepercayaan dan nilai pelanggan.
BACA JUGA:Moment Libur Sekolah, Aktivitas Sejumlah Pelabuhan Meningkat 50 Persen
Sementara, Promotor Prof. H. Haryadi, menambahkan, hasil disertasi Promovendus menarik, bagaimana nilai pelanggan dan ekuitas merek pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Ternyata, baik nilai pelanggan dan ekuitas merek positif pengaruhnya, tapi tetap ada variabel lain, disamping kepercayaan pelanggan, yakni bagaimana menjaga loyalitas dari pelanggan itu sendiri.
“Saya bangga ini kesekian kali bimbingan saya yang sudah menyelesaikan ujian dan hasil disertasinya ini menarik jadi bagaimana nilai pelanggan kemudian ekuitas merek itu pengaruhnya terhadap prioritas perangkat bahwa kedua ini memang positif pengaruhnya, tapi ada variabel lain juga di samping kepercayaan pelanggan, itu adalah bagaimana menjaga loyalitas daripada pelanggan,” jelas Prof. Haryadi, Promotor, Sabtu (6/7).
BACA JUGA:Pemprov DKI Jakarta Bebaskan PBB-P2 untuk Hunian dengan NJOP Hingga Rp2 Miliar di Tahun 2024
Irfan Widyanto saat diwawancara usai Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB - Unja mengatakan, alasan dirinya mengangkat penelitian mengenai Nilai dan Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan, serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas melalui Kepercayaan Pelanggan : Studi Empiris Pengguna Jaringan Internet Indihome di Provinsi Jambi, dimana pada penelitian tersebut Promovendus melihat belum banyak yang melakukan penelitian serupa terutama di Provinsi Jambi.
Kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi atau ada yang mau meneliti mengenai loyalitas dengan menambahkan variabel lain.
“Pada penelitian ini mengangkat judul tentang nilai dan ekuitas merek berbasis pelanggan kemudian dipengaruhi oleh loyalitas serta dimediasi oleh kepercayaan pelanggan, di mana pada penelitian ini belum banyak yang meneliti tentang internet Indihome terutama di Provinsi Jambi. Kedepannya mudah-mudahan lebih ditingkatkan lagi ataupun ada yang mau meneliti tentang loyalitas bisa menambahkan variabel lainnya,” terang Irfan Widyanto, Promovendus, Sabtu (6/7).
BACA JUGA:Misteri Aset BLBI Senilai Rp110 Triliun! Perjalanan Panjang Menuju Pemulihan Ekonomi Indonesia
Dalam ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB - Unja atas nama Irfan Widyanto bertindak selaku Sekretaris yang juga Ketua Program Studi Doktor Ekonomi FEB - Unja Prof. Johannes, Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Riau Prof. Zulkarnain, Co Promotor Prof. Syahmardi Yacob, Promotor Prof. H. Junaidi, Penguji Prof. Muazza, dan Penguji Dr. Idham Khalik.