Peristiwa Penting Pada Tanggal 12 Juli, Ternyata Pernah Terjadi Uji Coba Nuklir

Peristiwa Penting Pada Tanggal 12 Juli, Ternyata Pernah Terjadi Uji Coba Nuklir

Sejarah yang pernah terjadi pada tanggal 12 juli-Pixabay-

JEKTVNEWS.COM - Setiap peristiwa yang bermakna akan selalu tercatat dalam buku sejarah untuk mengingat kejadian-kejadian penting di dalamnya. Seperti mempringati hari besar umat beragama, hari pahlawan dan lain sebagainya.

Hari ini bertepatan dengan tanggal 12 Juli, terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi di berbagai bidang. Mari kita lihat beberapa peristiwa yang menonjol pada tanggal ini.

BACA JUGA: Porprov Jambi ke XXIII Tahun 2023, Luar Biasa JUDO Batanghari Boyong 11 Medali

1. Peristiwa Sejarah

Pada tanggal 12 Juli 1962, Perang Dingin mencapai titik kritis dengan penandatanganan Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif (CTBT) oleh Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Britania Raya. Perjanjian ini bertujuan untuk menghentikan uji coba senjata nuklir di permukaan, di udara, dan di bawah air.

2. Peristiwa Olahraga

Pada tanggal 12 Juli 1998, Piala Dunia FIFA 1998 mencapai puncaknya dengan pertandingan final antara tuan rumah Prancis dan Brasil di Stade de France, Paris. Prancis berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 dan meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

3. Peristiwa Sains dan Teknologi

Pada tanggal 12 Juli 2017, NASA mengumumkan penemuan planet mirip Bumi yang berada dalam "wilayah layak huni" di luar Tata Surya. Planet tersebut diberi nama "Kepler-452b" dan dianggap sebagai salah satu kandidat terkuat untuk mendukung kehidupan di luar Bumi.

BACA JUGA:Penjual Minyakita Secara Bundling, Kemendag Lakukan Penindakan Tegas

4. Peristiwa Budaya

Pada tanggal 12 Juli 2000, film animasi yang sangat populer, "X-Men", dirilis di Amerika Serikat. Film ini menjadi tonggak dalam genre film pahlawan super dan membuka jalan bagi serangkaian film X-Men yang sukses di masa depan.

5. Peristiwa Lingkungan

Pada tanggal 12 Juli 2016, Mahkamah Tetap Arbitrase mengeluarkan putusan yang mendukung klaim Filipina terhadap klaim wilayah di Laut China Selatan yang dituntut oleh Tiongkok. Putusan ini memiliki dampak penting dalam menentukan batas-batas maritim di wilayah tersebut dan memperkuat hukum internasional terkait sengketa perairan.

Sumber: