WOW! Lebih Ramah Lingkungan, Sustainable Fashion Bisa Mengurangi Limbah Produksi Pakaian

WOW! Lebih Ramah Lingkungan, Sustainable Fashion Bisa Mengurangi Limbah Produksi Pakaian

Limbah Produk Pakaian-Pixnio-

JEKTVNEWS.COM - Industri fashion banyak dikritik karena praktiknya yang merusak lingkungan. Setiap tahap siklus produksi pakaian memiliki konsekuensi yang berbahaya, dan kecepatan siklus mode yang cepat hanya menambah masalah.

Industri fashion telah menerima banyak kritik karena praktiknya yang merusak lingkungan. Juga, value atau nilai pakaian telah berubah. Pernah menjadi komoditas yang dihormati, fashion sekarang terlalu sering dianggap dapat dibuang.

Banyak brand-brand fashion yang menerapkan fast fashion, dimana mereka memproduksi produk fashion dalam jumlah banyak untuk satu musim, dan akan merilis produk fashion terbaru dalam jumlah yang banyak juga.

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Paragon Technology and Innovation Membuka Dua Posisi untuk Lowongan Kerja 

Hal ini menyebabkan banyaknya limbah fashion, dimana orang-orang akan selalu membeli produk terbaru sedangkan produk yang lama dibuang padahal produk lama masih layak untuk digunakan. Salah satu usaha untuk mengurangi limbah fashion yaitu dengan beralih dari fast fashion ke sustainable fashion.  

Sustainable dapat diartikan sebagai sistem yang di desain untuk menjaga keseimbangan.

Sustainable fashion yaitu konsep produksi garmen dan pakaian yang ramah lingkungan dengan meminimalisir limbah fashion, serta mengedepankan nilai-nilai dari berbagai pihak yang terlibat didalamnya, khususnya lingkungan dan manusia. 

BACA JUGA:Tips 10 Cara Cepat Memanjangkan Bulu Mata, No 7 Tidak Disangka

Kelebihan dari sustainable fashion, pertama yaitu mempertahankan ekonomi pekerja dengan memberdayakan pekerja dan perajin dalam dunia fashion. Selanjutnya, lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Produk sustainable tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak sehingga tidak pasaran dan lebih ekslusif. Terakhir yaitu tentu saja mengurangi limbah fashion.

BACA JUGA:Cek Fakta!! Ternyata Kerokan Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh

Langkah untuk memulai sustainable fashion

• Pertama dapat melakukan recycle atau mengguakan produk fashion lama yang tentunya masih layak pakai

• Menjual atau mendonasikan pakaian lama yang sudah tidak terpakai

Sumber: