Sudah Dewasa Belum Aqiqah Apakah Boleh? Begini Penjelasannya

Sudah Dewasa Belum Aqiqah Apakah Boleh? Begini Penjelasannya

Aqiqah Setelah Dewasa-lp3ik.ummat.ac.id-

JEKTVNEWS.COM - Aqiqah merupakan salah satu ajaran yang ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Apabila diartikan dari asal katanya al-‘aqq yaitu asy-syaqq wa al-qath berarti memotong.

Sedangkan menurut istilah aqiqah merupakan suatu kegiatan menyembelih hewan disebabkan kelahiran seorang anak dengan tujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. 

Apakah aqiqah wajib untuk dilakukan? Terdapat perbedaan pendapat mengenai hukum aqiqah apabila dilihat dari dalil yang ada. Pendapat pertama mengatakan bahwa aqiqah wajib untuk dilakukan.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Jalan Tol di Jambi Selesai Tahun 2024

Kewajiban melakukan aqiqah ini merupakan pendapat Al-Hasan dan Dawud azh-Zhahiri. Pendapat kedua merupakan pendapat jumhur ulama mengatakan hukum aqiqah adalah sunnah.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan aqiqah? Adapun hewan yang digunakan dalam aqiqah yaitu kambing.

BACA JUGA:Soal Jalan Angkutan Batu Bara di Jambi, Presiden Jokowi Perintahkan Gubernur Segera Selesaikan

Apabila yang dilahirkan adalah anak laki-laki maka jumlah kambing yang dipotong untuk aqiqah ada dua ekor. Sedangkan untuk anak perempuan satu ekor. Ketentuan jumlah hewan tersebut berdasarkan hadist yakni. Dari Aisyah r.a Rasulullah SAW. Bersabda:

عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Yang artinya:

“Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang setara dan untuk ana perempuan seekor kambing.” Hadist riwayat Ahmad (VI/31), At-Tirmidzi (1513), dan Ibnu Majah (3163).

BACA JUGA:Sejarah Misi Pesawat Catalina RI 005 dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI di Jambi

Siapakah yang diwajibkan untuk melaksanakan aqiqah? Orang yang dituntut untuk melaksanakan aqiqah adalah ayah dari anak yang akan diaqiqahkan atau juga dapat orang lain yang selama ini bertanggunga jawab atas nafkah anak tersebut.

Bagaimana jika setelah dewasa kita baru mengetahui belum melaksanakan aqiqah? Waktu terbaik untuk melaksanakan aqiqah yaitu disunnahkan pada hari ketujuh, setelah kelahiran.

Sumber: