Tradisi Arakan Sahur Tanjung Jabung Barat, Meriahkan Bulan Suci Ramadhan

Tradisi Arakan Sahur Tanjung Jabung Barat, Meriahkan Bulan Suci Ramadhan

jektvnews.com - Arakan Sahur merupakan tradisi berupa acara festival yang ada di Provinsi Jambi lebih tepatnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan. Tradisi ini menyajikan berbagai alat tradisional yang dibuat di atas gerobak dan dibunyikan secara beraturan. Arakah sahur ini sudah Menjadi Event Wisata Religi Tahunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam menyambut dan memeriahkan bulan Suci Ramadhan.

Acara ini biasanya diisi oleh anak-anak dan remaja yang antusias dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan. para remaja dan anak-anak bersemangat membuat kendaraan arakan seunik mungkin agar dapat menarik perhatian warga yang menyaksikan. Biasanya acara ini dilakukan mulai dari pukul 22.00 WIB. Sebelum memulai kemeriahan acara, para peserta dilepas terlebih dahulu di depan kantor Bupati Tanjung Jabung Barat.

Sepanjang perjalanan, arak-arakan disambut antusias masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui. Bahkan warga yang kebetulan melintaspun secara tak sengaja masuk dalam iring-iringan rombongan. Festival ini diadakan setiap malam minggu selama Ramadan dengan tujuan agar warga ada hiburan menjelang waktu sahur. Hal lain yang menarik dari festival ini, setiap peserta selalu berusaha menampilkan penampilan terbaik dan maket yang dibuatnya, ada yang membuat kapan-kapalan, Al Quran besar, miniatur masjid, dan lain-lain.

Cantiknya barisan panjang anak-anak kecil dan orang dewasa yang berpakaian seragam. Indahnya sepanjang jalan kota yang dihiasi oleh maket dan warna-warni lampu yang berjalan. Memesonanya langit yang bertaburan dengan kembang api yang bermekaran.
Seruan-seruan yang terus dikumandangakan diiringi dengan musik dan gendangan. Tabuhan bedug yang tegas, pukulan dari besi dan pentungan yang berkolaborasi dengan merdu. Semuanya tertata rapi dengan beberapa lagu yang mereka mainkan.

Sumber: