Status Gunung Kerinci Waspada atau Level II, Masyarakat Dilarang Beraktifitas Radius 3 Km

Status Gunung Kerinci Waspada atau Level II, Masyarakat Dilarang Beraktifitas Radius 3 Km

jektvnews.com - Kerinci, Gunung Kerinci yang terletak di kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat kembali erupsi, Sabtu (14/1/23).

Aktivitas tersebut terlihat dengan adanya semburan abu setinggi kurang lebih 750 meter sekitar pukul 7 Wib sabtu pagi. 

“Telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi, Sumatera Barat pada tanggal 14 Januari 2023 pukul 06:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 750 m di atas puncak lebih kurang 4.555 m di atas permukaan laut,” kata  Kepala Pos Pengamatan Gunung Kerinci, Irwan Syafwan dikutip dari jambiekspres.disway.id.

Saat ini Gunung Kerinci berada pada status level II atau waspada. Pos Pemantau Gunung Kerinci merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Kerinci baik yang di wilayah Jambi maupun Sumatra Barat, serta pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di Gunung Kerinci di radius 3 km dari kawah aktif.

Selain itu jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci diminta agar dihindari, sebab sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Sementara itu pemkab Kerinci dan Pemprov Jambi melaksanakan apel siap siaga dalam menghadapi bencana terutama terhadap erupsi Gunung Kerinci. Apel ini akan dilakukan di lapangan PTPN VI Kayu Aro Kerinci, Jambi.

Kepala BPBD Kerinci Darifus mengatakan "Apel kesiapsiagaan dan kewaspadaan pemerintah daerah dengan aktivitas erupsi Gunung Kerinci yang semakin meningkat".(*)

Sumber: