Monev Revitalisasi Sumber Mata Pencaharian Masyarakat Dishut Jambi Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam Restorasi Gambut

Monev Revitalisasi Sumber Mata Pencaharian Masyarakat Dishut Jambi Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam Restorasi Gambut

jektvnews.com,Tanjung Jabung Timur,-Revitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat merupakan salah satu kegiatan restorasi gambut yang telah dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan BRG, selain kegiatan pembangunan sekat kanal dan sumur bor serta revegetasi. kegiatannya berupa pemberian bantuan kepada 13 kelompok masyarakat ditahun 2022.

 

Terhadap kegiatan revitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Bersama Badan Restorasi Gambut memonitoring dan evaluasi  4 kelompok masyarakat di Daerah Tanjung Jabung Timur, pada 5 november 2022, yaitu Kelompok Masyarakat Nawasena, Budidaya Ikan Lele, Kelompok Masyarakat MPA Simpang, dan Poktan Sido Dadi merupakan budidaya Ayam Kampung Kub dan Sawah, kemudian Pokmas Sidomulyo, adalah Ayam Petelur.

 

Kegiatan ini bertujuan dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan peran serta masyarakat guna kelancaran kegiatan Restorasi Ekosistem Gambut. Pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui peningkatan kapasitas masyarakat dan pengembangan alternatif ekonomi produktif masyarakat yang sejalan dengan tujuan restorasi ekosistem gambut.

 

Yazel Fatra, sekretaris dinas kehutanan provinsi jambi, mengharapkan penerima bantuan revitalisasi memiliki tanggung jawab moral dan memberikan dampak positif terhadap kawasan dan mempertahankan keberhasilan untuk meningkatkan manfaat bagi masyarakat sekitar

 

“diharapkan dengan bantuan revitalisasi ini memiliki tanggung jawab moral dan memberikan dampak positif terhadap kawasan”  tutur Yazel Fatra

 

 

 

Sumber: