Dishut Jambi Gelar Bimtek Pembangunan Ipg Sekat Kanal 22 Unit Sekat Kanal Siap Diterapkan Di Tahun 2022

Dishut Jambi Gelar Bimtek Pembangunan Ipg Sekat Kanal 22 Unit Sekat Kanal Siap Diterapkan Di Tahun 2022

jektvnews.com,Setelah melaksanakan pemberian materi dan teori pembangunan sekat kanal, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, bersama Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove, melanjutkan bimbingan teknis pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut (IPG) sekat kanal, di Desa Kota Kandis Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sabtu (13/08)

 

Kegiatan ini di tinjau langsung Oleh  Kapolres Tanjung Jabung Timur, beserta, kapolsek setempat dan jajaran. pelatihan ini diikuti semua peserta sebanyak 65 orang yang merupakan kelompok masyarakat yang ada di provinsi Jambi.

 

Pembangunan sekat kanal bertujuan untuk menaikkan daya simpan air pada badan kanal dan sekitarnya ,dan mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut sehingga lahan gambut di sekitarnya tetap basah dan sulit terbakar.

 

Infrastruktur Pembasahan Gambut Sekat Kanal Di Provinsi Jambi ini, diketahui sudah dimulai pada tahun 2017, hingga saat ini sudah tersedia 57 unit dan akan dibangun 22 unit di tahun 2022.

 

Cut Afitah, Tenaga Ahli Konstruksi Sekat Kanal mengatakan, pelatihan ini yang pertama adalah pemberian teori kemudian dilanjutkan dengan kontruksi sekat kanal dilapangan. dirinya berharap ,dengan adanya pelatihan ini terutama untuk masyarakat yang berada di sekitar lokasi gambut, dapat mempunyai kemampuan membangun sekat kanal dan masyarakat semakin mengerti fungsi sekat kanal.

 

Sumber: