Menteri Sandiaga Uno Dorong Geopark Merangin Masuk Warisan Dunia

Menteri Sandiaga Uno Dorong Geopark Merangin Masuk Warisan Dunia

jektvnews.com - Jambi, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kemenparekraf mendorong geopark merangin masuk daftar unesco global geopark sebagai warisan dunia. Pernyataan tersebut dikatakan sandiaga saat kunjungan kerjanya ke jambi, rabu (2/3/22).

Diketahui Geopark Merangin di Provinsi Jambi direncanakan dinilai oleh united nations educational scientific and cultural organization (unesco) sebagai situs warisan dunia pada bulan mei mendatang.

Geopark atau taman bumi di merangin jambi memiliki fosil flora berusia 350 juta tahun dan fosil bebatuan purba. hal tersebut berdasarkan berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti nasional maupun internasional.

Adapun fosil flora yang sudah menjadi batu di geopark merangin menyajikan pengalaman wisata yang menarik, ditambah panorama hutan tropis yang masih asri dan beberapa titik air terjun.

Menanggapi itu Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat kunjungan ke jambi mengatakan, kementerian Parekraf terus berkolaborasi dengan pemerintah provinsi jambi, untuk mendorong serta memberikan dukungan agar geopark merangin masuk daftar sebagai situs warisan dunia.

"Kami akan memberikan pendampingan, agar pengajuan terhadap geopark yang ada di jambi ini bisa sukses, dalam unesco global geopark,” katanya.

Menurut Sandiaga di wilayah kabupaten Merangin banyak geosite-geosite yang diyakini mampu menjadi daya tarik wisata. Sebab itu geopark merangin kata sandiaga punya peluang besar untuk mendapat pengakuan unesco.

“Tahun lalu kami berhasil berkolaborasi menggoalkan belitung, tapi jambi juga punya peluang, nah ini yang akan kami bantu fasilitasi karena ini jadi daya tarik wisata berbasis geopark dan ini dengan keadaaan pandemi ini justru menjadi tujuan wisata-wisata," sambungnya.

Selain geopark merangin Sandiaga Uno juga mengatakan akan berkolaborasi dengan kementerian pendidikan dan kementerian investasi, untuk mendorong candi muara jambi di kabupaten muaro jambi provinsi jambi juga masuk daftar unesco sebagai situs sejarah.(RCC)

Sumber: