Calon Sarjana, ini persiapan menjadi personal yang siap kerja versi UM Jambi

Calon Sarjana, ini persiapan menjadi personal yang siap kerja versi UM Jambi

Bagi calon sarjana, dunia kerja di Era Digital merupakan sesuatu hal baru yang belum pernah dialami. Tentu saja hal ini membuat lulusan bingung dalam hal mempersiapkan diri dalam menghadapi proses ini.

Universitas Muhammadiyah Jambi hadir memberikan solusi lewat Kegiatan seminar Pembekalan Softskill Mahasiswa dalam Menghadapi Persaingan Kerja Perguruan Tinggi bersama dengan Forum Komunikasi Bidang Kemahasiswaan (FORKOMAWA) Wilayah Jambi, Sabtu (12/02) dengan mengusung tema "Seminar Pengembangan Softskill Era Digital". Masih dalam nuansa pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara Hybrid, untuk peserta offline hadir di Hall lt 6 Kampus Maroon UM Jambi dengan menerapkan protokol kesehatan dan melalui platform YouTube UM Jambi untuk yang hadir secara virtual.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi melalui Wakil Rektor I Irmanelly, S.E.,M.E. dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa UM Jambi telah mempersiapkan mahasiswanya dalam menyambut Era Digital sesuai dengan tagline UM Jambi yaitu profesional, entrepreneur dan islami.

Beragam paparan dari para pemateri membuat peserta antusias dalam mengikutinya, adapun materi yang disampaikan membahas mengenai perbandingan antara softskill dan hardskill yang disampaikan oleh Arniwita S.Pd., M.M. (Dosen UM Jambi/Kepala UPT Career Center UM Jambi), selanjutnya ada Ade Jermawinsyah Zebua S.E.,MM. (PHRI Provinsi Jambi) membawakan materi tentang kemampuan komunikasi dan publik speaking yang baik, dilanjutkan dengan Materi pembuatan surat lamaran kerja dan Curriculum Vitae (CV) yang baik dan benar oleh Mustika S.E.,M.M. (Dosen UM Jambi/Divisi Pengembangan Karir dan Entrepreneurship Career Center).

Tidak hanya itu saja, seminar yang berlangsung lebih dari 4 jam ini juga mengulas tentang Bursa lowongan kerja dalam aplikasi Sibakol oleh Rifki Pangidaran S.T.,M.T (DISNAKERTRANS), dan materi yang terakhir ditutup oleh Susanto Arifin S.Kom (CEO TUK PT.OKE Jambi) yang menyampaikan tentang perlunya sertifikasi keahlian ataupun profesi. 

Berlangsungnya kegiatan ini juga tidak lepas dari seorang moderator Agesha Marsyaf S.I.Kom.,M.M (Dosen Um Jambi/Kepala IBT UM Jambi) yang membawakan kegiatan ini sehingga suasananya menjadi kondusif, antar peserta di lokasi maupun di virtual untuk bisa bertanya dan berkomunikasi langsung dengan para pemateri.

Untuk diketahui kurang dari 200 Peserta yang hadir secara offline dan 733 peserta online dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa akhir dari berbagai perguruan tinggi swasta di Provinsi Jambi, kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cenderamata dari FORKOMAWA Wilayah Jambi kepada para pemateri.

Sumber: