Jambi Masih Siaga Karhutlah Meski Sepekan Sering Terjadi Hujan

Jambi Masih Siaga Karhutlah Meski Sepekan Sering Terjadi Hujan

JAMBI-Meski hampir sepekan terakhir hujan terus melanda sebagian besar wilayah provinsi jambi, namun belum merubah status siaga karhutlah di Provinsi Jambi, bahkan status siaga kebakaran hutan dan lahan masih di status siaga darurat.

 

“Sesuai SK Gubernur itu status kita masih siap siaga karhutlah hingga akhir Oktober,” ungkap Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, saat ditanyakan perihal status karhutlah di Provinsi Jambi, jum’at(3/9/21).

 

“Kita lihat dulu selama dua minggu kedepan apakah nanti sudah memasuki musim penghujan. Tentu kalau sudah maka SK-nya bias saja kita cabut,” tambahnya.  

 

Ia juga mengatakan, akan berdiskusi bersama pihak BMKG Provinsi Jambi untuk memastikan apakah mulai memasuki musim hujan. “Kami akan rapat dengan BMKG karena siklus cuaca itu yang mengetahui BMKG dan akan kami bahas bersama dengan mereka apakah ini sudah memasuki musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” ujarnya.

 

Bachyuni menjelaskan lebih lanjut, jika sudah measuki musim penghujan sedang hingga lebat, maka SK-nya bisa saja dicabut dan bantuan helikopter akan dikembalikan kepada BNPB.

 

Sumber: