Pemkot Jambi Dorong Masyarakat Kembangkan Tanaman Hidroponik

Pemkot Jambi Dorong Masyarakat Kembangkan Tanaman Hidroponik

JAMBI - Masyarakat Kota Jambi didorong untuk mengembangkan tanaman hidroponik dipekarangan rumah, karena lahan di perkotaan sudah semakin menyempit.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Raden Erwansyah mengatakan, menanam dengan metode hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas dan sangat cocok dikembangkan di wilayah perkotaan.

"Bisa di halaman teras rumah dengan memanfaatkan barang bekas seperti memakai kotak plastik (Styrofoam)," katanya.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Beberapa tanaman yang ditanam dengan media hidroponik diantaranya adalah sawi, kangkung, selada, mint.

"Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien," katanya.

Pihaknya mengaku terus mensosialisasikan kepada warga untuk menanam dengan metode hidroponik, dengan memanfaatkan pekarangan rumah karena lahan untuk menanam sudah minim. Saat ini ada sekitar 83 pelaku hidroponik di Kota Jambi, dan 17 diantaranya juga menyediakan benih.

"Kalau sudah dikembangkan setidaknya ke depan bisa memenuhi kebutuhan sayur bagi keluarganya, disamping itu juga sebagai upaya penghijauan juga," ujarnya. (hfz)

Sumber: