Heboh! Boneka Annabelle Hilang dari Museum Warren? Ini Faktanya

Heboh! Boneka Annabelle Hilang dari Museum Warren? Ini Faktanya

JAKARTA – Media sosial dihebohkan berita tentang boneka Annabelle yang melarikan diri dari Museum Warren.

Dikutip dari Snopes pada Sabtu (15/8/2020), kabar soal hilangnya boneka yang dikenal sebagai boneka supranatural, inspirasi dari film ‘The Conjuring’ dari Museum Warren adalah hoaks.

Kabar ini beredar luas di Twitter lewat narasi yang menyebutkan bahwa sebuah boneka iblis tengah berkeliaran.

Berdasarkan penelusuran Snopes, hal itu dipastikan salah. Annabelle adalah sebuah boneka atau benda mati yang tidak bisa melarikan diri tanpa bantuan manusia.

Museum Warren adalah tempat di mana benda-benda dan artefak mistis yang yang ditemukan oleh duo penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren dikumpulkan.

Terkenal sejak 1975, kedua paranormal tersebut diketahui pernah menyelidiki rumah hantu di New York. Penyelidikan mereka pun menghasilkan karya ‘The Amityville Horror’ yang dibentuk dalam buku dan film.

Pasangan itu juga dikenal menyelidiki boneka Ann Reggedy yang diduga dimiliki oleh seorang gadis bernama Annabelle Higgins. Dan boneka yang dimaksud adalah ‘Annabelle’ yang kini dipajang di Museum Warren dan telah menginspirasi banyak film horor.

Sejak Ed dan Lorraine Warren meninggal, museum tersebut ditutup pada 2018 silam dan pihak keluarga Warrens dikabarkan tengah mencari rumah baru untuk menampung barang-barang di museum.

Banyak rumor beredar sejak museum tersebut ditutup. Hingga, beberapa waktu lalu muncul sebuah video mengerikan yang menampakkan hal spiritual mencari boneka iblis. Menganggap hal itu merupakan kesalahanterjemahan, Snopes pun mengklaim jika rumor tersebut adalah hoaks.

Rumor mulai beredar tak lama setelah seorang reporter Hollywood mempublikasikan wawancaranya dengan Annabel Wallis, aktris yang memerankan Mia dalam film ‘Annabelle’.

Dalam wawancara tersebut, Wallis mengatakan frasa berlari yang oleh tim Hollywood digambarkan dengan adegan melarikan diri dari film ‘The Mummy’, film yang pernah dibintanginya bersama Tom Cruise.

Namun, saat berita wawancara Annabele Wallis ini beredar di situs media berbahasa Mandarin, frasa berlari justru disalahartikan sebagai boneka Annabelle yang melarikan diri. (dbs)

Sumber: