Pagelaran Wayang Golek Turut Meriahkan Rangkaian HUT ke-79 TNI Untuk Menjaga Warisan Budaya Nusantara

Pagelaran Wayang Golek Turut Meriahkan Rangkaian HUT ke-79 TNI Untuk Menjaga Warisan Budaya Nusantara

Pagelaran Wayang Golek Turut Meriahkan Rangkaian HUT ke-79 TNI Untuk Menjaga Warisan Budaya Nusantara-Ist/ Jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Aspers Panglima TNI Marsda TNI Mohammad Syafii, S.I.P., M.M. mewakili Panglima TNI menghadiri Pagelaran Wayang Golek sebagai rangkaian dalam kegiatan Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024 yang diselenggarakan di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024).

Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aspers Panglima TNI menyampaikan pentingnya menjaga dan melestarikan kesenian Wayang Golek sebagai warisan budaya Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur dan filosofi kehidupan yang dapat menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara di Polda Jambi

“Kesenian Wayang Golek mengandung pengajaran, filosofi dan tuntunan luhur yang dikemas dalam cerita yang dilakoni oleh tokoh-[1]tokoh di dalamnya. Cerita yang diangkat dalam suatu pagelaran sarat dengan ajaran[1] kehidupan, sedangkan tokoh-tokoh dalam pewayangan menjadi penggambaran berbagai sifat manusia. Keduanya diramu dalam sebuah rangkaian cerita dan menjadi karya budaya yang sangat luhur,” ungkapnya.

BACA JUGA:Paslon Hairan-Amin Panen Restu Tokoh Masyarakat Tanjab Barat, Tim Pemenangan Bergerak Tanpa Batas

Wayang Golek yang dibawakan oleh Dalang Khanha Kosasih Sunarya dari Sanggar Seni Giriharja 2 ini menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. Turut menyaksikan Pagelaran Wayang Golek diantaranya Asrenum Panglima TNI, Kapusbintal, Waaspers Panglima TNI dan pejabat tinggi TNI lainnya.

Sumber: