IKBI dan PTPN IV Regional 4, Sebar 950 Bibit Ikan dan Edukasi Pembuatan Biopori

IKBI dan PTPN IV Regional 4, Sebar 950 Bibit Ikan dan Edukasi Pembuatan Biopori

IKBI dan PTPN IV Regional 4, Sebar 950 Bibit Ikan dan Edukasi Pembuatan Biopori-Ist/ Jektvnews -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Sejalan dan seirama dalam bidang pelestarian lingkungan, Ikatan Keluarga Besar Istri Karyawan/ti (IKBI) JAMBI dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 JAMBI, berkolaborasi turun langsung mengunjungi warga.

Pimpinan dan para istri karyawan PTPN IV Regional 4 ini, langsung ke Kampung Bantar Sukasari RT 39 kelurahan Thehok menjumpai warga dan menyebar 950 ekor bibit ikan Nila dan Gurami serta mengedukasi warga membuat Biopori sebagai penyerap air tanah.

Penyebaran benih ikan di kolam Kampung Bantar RT 39 kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan Jambi ini, dilakukan Sabtu (24/8/2024). Sebelumnya, kolaborasi IKBI dan PTPN IV Regional 4 juga di lakukan di Kampung Batu kelurahan Legok kota Jambi, pertengahan Juli 2024 lalu.

Saat pelepasan bibit ikan, tampak Ketua IKBI PTPN IV Regional 4 Lina Ospin dan Region Head PTPN IV Regional 4 Ospin Sembiring memasukan 700 bibit ikan Gurami dan 250 ikan Nila ke kolam Kampung Bantar.

Tampak hadir mendampingi Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support PTPN IV Regional 4 Achmedi Akbar dan Wakil Ketua IKBI Diah Achmedi serta SEVP Operation Ifri Handi Lubis serta Wakil Ketua IKBI Ikha Ifri.

"Saya apresiasi tinggi IKBI dan PTPN IV Regional 4 yang mau susah payah turun ke kampung kami, Kampung Bantar RT 39. Terima kasih atas bibit ikan yang diberikan dan disebar di kolam kami. Bibit ikan ini memang yang kami tunggu dan inginkan agar bisa dinikmati warga kami kelak dan bisa menjadi pendapatan ekonomi bagi warga," kata Ketua RT 39 Kampung Bantar, Rino.

Rino serta tokoh masyarakat Kampung Bantar, Ibu-ibu RT 39 , juga tampak antusias ketika IKBI dan PTPN IV Regional 4 mengedukasi cara pembuatan dan penanaman biopori secara vertikal yang berguna untuk kelestarian lingkungan serta menyerap air tanah yang sangat dibutuhkan.

"Alhamdulillah, sudah dapat bantuan bibit ikan diajarkan juga cara membuat lubang resapan air tanah atau Biopori. Tak ada kata-kata yang indah selain ucapan ribuan terima kasih," ungkap Rino dan diamini oleh ibu-ibu warga RT 39.

BACA JUGA:Al Haris bersama Budi Setiawan Lepas 218 Kontingen Jambi menuju PON XXI Aceh-Sumut

Sementara, Region Head PTPN IV Regional 4 Jambi, Ospin Sembiring mengatakan penyebaran bibit ikan Nila dan Gurami di Kampung Bantar ini merupakan bagian dari dukungan atas program pemerintah yakni gemar makan ikan untuk rakyat Indonesia yang dicetuskan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono.

"Kami ini, baik PTPN IV Regional 4 dan IKBI PTPN IV, selalu mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Salah satunya, ini program gemar makan ikan," kata Ospin.

BACA JUGA:Pinto Jayanegara Waka DPRD Provinsi Jambi Mendorong Pemerintah untuk Penetapan Harga TBS per periode

Ospin berharap, bibit ikan Nila dan Gurami ini dapat dipelihara dan dijaga sampai layak konsumsi dan dijual ke pasaran, apalagi pemeliharaan ikan ini tidak terlalu sulit selain makan pakan buatan juga bisa makan dedaunan atau ganggang yang ada dalam kolam.

Air dalam kolam juga tidak harus mengalir seperti kebanyakan pemeliharaan ikan sungai lain.

Sumber: