Program Peremajaan Sawit Rakyat di Batanghari Tahun 2024

Program Peremajaan Sawit Rakyat di Batanghari Tahun 2024

Program Peremajaan Sawit Rakyat di Batanghari Tahun 2024-Ist/ Jektvnews -

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Bukit Harapan, Kecamatan Mersam. Selasa (06/08/24) Bupati BATANGHARI Mhd Fadhil Arief melakukan penanaman simbolis perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahun 2024.

Program PSR di salurkan melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) KUD Sumber Rezeki Desa Bukit Harapan

Dalam laporan kegiatan ini Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Mara Mulya Pane menyampaikan, perkembangan PSR di Kabupaten Batanghari hingga tahun 2024 seluas 2.320,8723 (Ha) dengan serapan dana sebesar Rp.86.620.581.500'- yang telah di realisasikan.

Di sini juga kebermanfaatan BPDPKS tidak hanya di peremajaan kebun saja, pemberian beasiswa kepada anak petani/perkebunan mendapatkan dampak positifnya.

Dan demi meningkatkan mobilitas hasil kebun, melalui BPDPKS telah di bangun jalan produksi yang representatif di beberapa titik di Kabupaten Batanghari.

BACA JUGA:Jelang HUT Kemerdekaan Indonesia, BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka

Mengawali sambutan Bupati mengatakan, di Kabupaten Batanghari terdapat 19.603 (Ha) lahan perkebunan kelapa sawit yang seharusnya di lakukan peremajaan, karena hal ini di nilai sudah tidak lagi ekonomis, sedangkan yang baru terealisasi hingga sekarang seluas 2.320,8723 (Ha).

Setelah di evaluasi sebagian permasalahanya, adanya kekhawatiran petani tidak ada penghasilan pada masa lahan perkebunannya dalam proses peremajaan hingga menghasilkan, disini Bupati berharap adanya solusi mendapatkan penghasilan pengganti pada masa itu.

Pihak perkebunan bisa kerja sama dengan pertanian, menciptakan lahan pertanian di lahan yang sama dapat bernilai produktif sebagai penghasilan pengganti.

Hasil perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Batanghari merupakan salah satu acuan/tolak ukur terhadap perekonomian di wilayah Batanghari. Dengan hasil perkebunan kelapa sawit yang baik dapat di pastikan tingkat perekonomian secara luas masyarakat dalam keadaan baik pula," ujar Bupati".

BACA JUGA:Jelang HUT Kemerdekaan Indonesia, BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka

Di akhir sambutannya Bupati menyampaikan, semua program dan kebijakan demi mensejahterakan Masyarakat telah di upayakan maksimal meskipun efektif waktu yang tidak banyak, dengan dukungan masyarakat dan efektif dan inovatifnya pemerintah Kabupaten serta stakeholder telah merubah wajah Batanghari kearah yang lebih baik, tidak lain tidak bukan demi kemaslahatan dan kesejahteraan Masyarakat Batanghari secara umum.

BACA JUGA:Semakin Menyala, Warga Seko Pasang Baliho Hairan-Amin Siap Menangkan Pilkada Tanjab Barat

Dalam acara ini di hadiri Wakil Ketua II DPRD Kab.Batang Hari, OPD, Camat, Forkompimcam, Kepala Desa,ulama, petani dan undangan

Sumber: