Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Terampil Tahun 2024

Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Terampil Tahun 2024

Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Terampil Tahun 2024-Ist/ Jektvnews -

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Bupati BATANGHARI yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum Setda BATANGHARI Asri Yonalsyah, AP membuka secara resmi Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Terampil Tahun 2024. Bertempat di Ruang Pola Utama Kantor Bupati. pada Senin (29/7/24) .

Membacakan Sambutan Bupati Batanghari, Asisten I menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan langkah positif dan tanggungjawab kita bersama untuk meningkatkan respon pasar kerja Jasa Konstruksi agar dapat memanfaatkan tenaga terampil yang kompeten.

Lebih jauh lagi, agar para pekerja konstruksi mampu berkompetisi dalam menghadapi era persaingan global saat ini, khususnya persaingan di dunia tenaga kerja konstruksi, akibat dari pertumbuhan pembangunan infrastruktur di dunia termasuk di Indonesia saat ini, perlu mendapatkan perhatian yang luas baik dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.

BACA JUGA:Milenial Hairan-Amin Tebing Tinggi Gelar Pembekalan Politik dan Nasehat Agama

Asisten I melanjutkan sambutan Bupati juga menyampaikan bahwa sebagai negara berkembang, Indonesia terus melakukan pembangunan infrastruktur di semua bidang.

Dalam lingkup lokal, era desentralisasi dan otonomi daerah telah menuntut peran Pemerintah Daerah untuk memberikan layanan kepada publik, termasuk penyediaan layanan infrastruktur.

Pemerintah Daerah dituntut mampu menyelenggarakan infrastruktur yang handal, bersinergi dengan sektor lain dalam mendukung pengembangan wilayah dan permukiman agar dapat terwujud daerah yang aman, adil, dan sejahtera.

Kemudian Asisten I juga mengatakan kalau Sumber Daya Manusia merupakan modal kita utama dari sektor konstruksi disamping teknologi, kapital dan material.

Efisiensi dan kualitas infrastruktur salah satunya akan sangat tergantung dari kehandalan kompetensi SDM konstruksi, Oleh karena itu, peningkatan kompetensi pekerja konstruksi merupakan keharusan untuk menjamin tidak terjadinya kegagalan bangunan/konstruksi dan proses berjalan lancar, sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku, maka dari itulah pekerja konstruksi memiliki peranan yang sangat penting.

Dalam perspektif inilah kemudian Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Terampil di Kabupaten Batang Hari sangat dibutuhkan guna mendorong peningkatan jumlah pekerja konstruksi yang memiliki kompetensi optimal yang selaras dengan Visi Misi Bupati Batanghari "Perubahan Menuju Arah Baru Batanghari Tangguh" yaitu Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu dan Kompetitif.

Ketika tenaga kerja sudah kompeten dan memiliki sertifikat, maka akan memberikan sejumlah manfaat diantaranya meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme, membuka peluang karir, memperluas jaringan profesional serta memenuhi persyaratan hukum atau kebijakan tertentu, sehingga pada akhirnya akan bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan melalui kompensasi imbal jasa yang layak bagi tenaga kerja konstruksi.

BACA JUGA:Mencegah Ngantuk Usai Makan, 8 Cara Ampuhnya

Dalam kesempatan ini saya mengajak para pekerja konstruksi untuk menyadari pentingnya sertifikasi, karena Indonesia butuh tenaga kerja konstruksi yang tidak hanya handal dan kompeten, Dalam perspektif inilah kemudian Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Terampil di Kabupaten Batang Hari sangat dibutuhkan guna mendorong peningkatan jumlah pekerja konstruksi yang memiliki kompetensi optimal yang selaras dengan Visi Misi Bupati Batanghari "Perubahan Menuju Arah Baru Batanghari Tangguh" yaitu Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu dan Kompetitif, sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, pada pasal 70 ayat (1) yang menjelaskan Setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Besar harapan saya agar kegiatan ini dapat

Sumber: