Budidaya Jeruk Gerga Petani Raup Untung Besar

Budidaya Jeruk Gerga Petani Raup Untung Besar

JERUK GERGA LEBONG-YST-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Potensi di bidang pertanian semakin menjanjikan, salah satunya budidaya jeruk gerga yang dapat menghasilkan income yang cukup besar, seperti yang tengah di tekuni oleh Sutriono petani jeruk gerga asal Muaro JAMBI.

Jeruk Gerga Lebong merupakan jeruk keprok yang banyak ditemui di Kabupaten Lebong. Jeruk ini memiliki keunggulan yaitu potensi berbuah sepanjang tahun dengan produktivitas tinggi, dimana umur 4-5 tahun dapat mencapai 100-150 kg/pohon.

BACA JUGA:Wardah Perkenalkan 7 Warna Terbaru Wardah Glasting Liquid Lip dan 4 Warna Terbaru Wardah Matte Lip Cream

Selain itu rasa jeruk ini manis segar, warna menarik kuning oranye, kadar jus yang tinggi sekitar 70%, serta  ukurannya besar hingga mencapai 3-4 buah per kg, hal demikian juga menjadi jeruk gerga banyak digemari oleh kebanyakan orang.

Potensi ini lah yang tengah di coba Sutrisno petani jeruk gerga yang berada di Desa Pematang Gajah, Kabupaten Muaro Jambi. Di lahan seluas 1,7 hektar, dimulai dari 3,5 Tahun lalu Sutrisno awalnya menanam sebanyak 600 batang bibit jeruk gerga yang di peroleh dari kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

BACA JUGA:Ombak Tenang, BPBD Minta Nelayan Untuk Tetap Lengkapi APD Ketika Melaut

Dalam teknik penanaman Sutrisno memfokuskan pada pembesaran batang, menurutnya pertumbuhan buah juga akan otomatis mengikuti, kemudian ke tahap pemberian pupuk kimia untuk pembesaran buah, teknik penanamannya pun harus berjarak antara pohon satu dan lainnya dengan jarak standar 5 kali 6.

BACA JUGA:KPU Provinsi Jambi Akan Gelar PSU Pileg di Batanghari

Dalam satu tahun pohon mengalami masa buah sebanyak 2 kali, selama menekuni tanaman jeruk ini Sutrisno membeberkan dapat meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Sumber: