Wagub Sani Sebut Pramuka Miliki Peran Yang Sangat Strategis

Wagub Sani Sebut Pramuka Miliki Peran Yang Sangat Strategis

Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat strategis sebagai pendidikan formal dan informal yang ada di Indonesia-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Wakil Gubernur JAMBI Abdullah Sani menyatakan bahwa, sebagai organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan non formal, Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat strategis sebagai pendidikan formal dan informal yang ada di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Abdullah Sani pada Pembukaan Rakerda Kwarda Gerakan Pramuka JAMBI Tahun 2024, pada Jumat malam.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwarda Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2024 sukses dilaksanakan. Rakerda tahun ini mengangkat tema Sinergitas Pelaksanaan 12 Bakti Tahun 2025, sebagai bagian dalam Pencapaian Renstra Kwarda Jambi Masa Bakti 2022 – 2027.

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani sekaligus selaku Waka Mabida, Jumat malam (21/06/2024).

BACA JUGA:Jalan Desa Ditanami Bonggol Sawit, Akses Masyarakat Terganggu

Ka Kwarda Jambi, Sudirman dalam sambutannya mengatakan, kepengurusan Kwarda Jambi tahun masa bakti tahun 2022 - 2027 mengusung 6 visi dan 12 bakti.

Periode 5 tahun lalu Kwarda Jambi telah mewujudkan hampir 1.000 Pramuka Garuda, dan diperiode masa bakti 2022 - 2027 Kwarda Jambi akan kembali melanjutkan untuk mewujudkan pencapaian 2.805 Pramuka Garuda.

“Kegiatan pembukaan pramuka tahun 2024 ini bagian dari kegiatan rutin kita dalam upaya untuk mensukseskan program besar kwartir nasional termasuk juga daerah, tentunya masukkan dari berbagai macam cabang menjadi penting untuk bisa kita wujudkan. Karena kita berharap kwartir daerah tetap memberikan kontribusi yang besar bagi gerakan Pramuka dalam rangka menyukseskan program dan kegiatan yang akan kita susun untuk tahun 2025,” jelas Sudirman, Sekda Provinsi Jambi Ka. Kwarda Jambi, Minggu (23/6).

BACA JUGA:PJ Wali Kota Jambi Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Jambi

Sementara itu, Ka. Kwarnas yang diwakili Waka Kwarnas Binamuda, Sigit Muryono, dalam sambutannya mengharapkan Gerakan Pramuka dapat terus melakukan peningkatan SDM, baik pengurus Kwartir, pembina hingga pelatih anggota dewasa, yang ditujukan kepada peserta didik.

“Gerakan Pramuka ini akan berkualitas kalau mampu melahirkan Pramuka Garuda di setiap jenjangnya karena itu calon pemimpin. Tahun lalu 1.000 Pramuka Garuda telah dilahirkan oleh Provinsi Jambi,” ungkap Sigit Muryono, Waka Kwarnas Binamuda, Minggu (23/6).

Wakil Gubernur Jambi yang juga selaku Waka Mabida Gerakan Pramuka Kwarda Jambi, Abdullah Sani menambahkan, sebagai organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan non formal, Gerakan Pramuka memiliki peran yang strategis, dan memiliki kiprah sejak masa merebut kemerdekaan R-I, sehingga kiprah dan keberadaan Gerakan Pramuka tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA:Makanan Khas Korea Ada Di Jambi

“Harapan saya pertama mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar sebagaimana yang kita harapkan, kedua tentunya ini dalam rangka bisa memupuk kerja sama karena jelas-jelas diikuti oleh kwartir daerah yang ada di Provinsi Jambi,” jelas Abdullah Sani, Wakil Gubernur Jambi, Waka Mabida Gerakan Pramuka Kwarda Jambi, Minggu (23/6).

Pada pembukaan Rakerda ini turut dilakukan penandatangan MOU antara Kwarda Jambi dengan LAM Provinsi Jambi, PMI Provinsi Jambi, Lapas Kelas 2 A Jambi, pemberian piagam penghargaan kepada kwarcab-kwarcab atas keberhasilan raihan terbaik satu tingkat nasional yang diraih Kwarda Jambi, penyerahan palu sidang dari Ka Mabida Gerakan Pramuka Jambi yang diwakili Waka Mabida, yang diserahkan kepada Ka Kwarda Jambi dan ditutup dengan foto bersama.

Sumber: