Transformasi Regional 4 di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo

Transformasi Regional 4 di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo

Transformasi Regional 4 di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo-Ist/ Jektvnews -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - PTPN IV Regional 4 atau yang sebelumnya dikenal sebagai PTPN VI, salah bagian dari PTPN IV PalmCo dengan wilayah operasional di JAMBI dan Sumatera Barat mengalami perubahan siginfikan pasca aksi korporasi yang berlangsung Desember 2023 lalu. 

Enam bulan berjalan, perusahaan yang mengelola perkebunan sawit sebagai komoditas utama serta teh dan kopi itu bertransformasi di hampir semua lini di bawah kepemimpinan Region Head Ospin Sembiring. 

Pemegang saham mempercayakan bekas SEVP Operation PTPN V yang pernah bersama-sama Dirut PTPN V saat itu dan sekarang menjadi Dirut PTPN IV, Jatmiko Santosa yang berhasil melaksanakan transformasi di PTPN V (sekarang PTPN IV Regional III) tersebut sebagai pucuk PTPN IV Regional 4 Jambi -Sumbar.

Kepercayaan yang terlihat mulai membuahkan hasil kala Ospin sanggup memetakan dan mengurai satu persatu persoalan serta merajut kekompakan.

Dengan tipikal kepemimpinan yang tegas, Ospin memangkas perbedaan yang selama ini menjadi salah satu batu sandungan dalam mencapai tujuan. 

Di awal kepimpinannya, pria 57 tahun itu memanfaatkan waktunya untuk 'blusukan" langsung di dua provinsi bertetangga wilayah operasionalnya. Mulai dari Batang Hari hingga Lima Puluh Kota. Mulai dari Sungai Bahar hingga Danau Kembar. 

BACA JUGA:Harga Sayur Mayur Meroket Tajam Jelang Idul Adha

Blusukan itu bukan tanpa alasan. Tujuan utamanya adalah bagaimana dia percaya bahwa laba bersih perusahaan berpotensi tiga kali lipat lebih tinggi dari tahun lalu sebesar Rp103,66 miliar. 

"Dengan kebun sawit kita 34 ribu hektar, potensi keuntungan kita seharusnya Rp300 miliar dalam setahun," kata dia. 

Untuk mencapai target tersebut, Ospin selanjutnya merajut kekompakan segenap karyawan. Gaya kepemimpinannya yang tidak membatasi diri pada setiap level karyawan membuat dia mendapat fakta di lapangan secara langsung dan memberikan solusi setiap persoalan yang ditampungnya. 

Dia percaya bahwa sumber daya manusia PTPN 4 Regional IV cukup mampu bersaing untuk mendukung dan melaksanakan beragam perbaikan, mulai dari yang paling sederhana seperti kebersihan pabrik dan kebun hingga yang paling kompleks sekalipun. 

"Dulu, apa-apa usulan, kebanyakan langsung kena cut. Belakangan itu kita ubah. Semua usulan kita tampung, kita buat skala prioritas. Ada usulan itu yang langsung diakomodir semua, ada yang sebahagian. Tapi semuanya dapat. Cara-cara seperti ini membikin orang di lapangan mulai semangat," ujarnya.

Semangat itu semakin menggelora manakala Ospin tegas mengatakan bahwa Regional 4 jangan menjadi beban bagi Palmco.

"Kita harus bisa berdiri di kaki sendiri! Kita musti punya harga diri!" pintanya.

Sumber: