Yanuar Fitri Raih Gelar Doktor Ekonomi Unja  

Yanuar Fitri Raih Gelar Doktor Ekonomi Unja   

JAMBI - Ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Jambi, Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi kembali melaksanakan ujian terbuka/sidang Promosi Doktor atas nama Dr. Ir. H. Yanuar Fitri., M.Si pada Jum'at 10 Juli 2020 dengan menjalankan protokol dan instruksi pemerintah untuk kesehatan pada masa Covid-19.

Promovendus Yanuar Fitri yang merupakan dosen tetap di jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis Fakultas Pertanian UNJA berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Dampak Komoditi Padi, Jagung dan Kedelai Terhadap Perekonomian Provinsi Jambi”.

Dr. Ir. H. Yanuar Fitri., M.Si Bersama Nurul Yestarina Rahmi, SE

Pada sidang terbuka promosi Doktor tersebut, tim penguji diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Hj. Anis Tatik Maryani, M.P, Sekretaris Dr. M. Syurya Hidayat, S.E.,M.E, Promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,M.S, Co Promotor I Dr. Ir. Saad Murdy, M.S, Co Promotor II Dr. H. Syaparuddin, S.E.,M.Si, Anggota Penguji 1. Prof Dr. Elfindri, S.E.,M.A, 2. Prof. Dr. Ir. Dompak Napitupulu, M.Sc dan 3. Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si.

Dalam Disertasinya dikatakan tujuan penelitian ini adalah menganalisis peranan komoditi padi, jagung dan kedelai terhadap pembentukan permintaan antara, permintaan akhir, dan pembentukan nilai tambah bruto sektor  perekonomian Provinsi Jambi. Menganalisis tingkat keterkaitan komoditi padi, jagung dan kedelei terhadap sektor ekonomi lainnya dan faktor penentu terhadap sektor ekonomi lainnya di Provinsi Jambi. Menganalisis seberapa besar daya dorong komoditi padi, jagung dan kedelei terhadap sektor ekonomi lainnya melalui  angka pengganda terhadap perekonomian Provinsi Jambi.

“Ada tuntutan promosi akademis yang harus saya pertahankan bagaimana untuk bisa berkontribusi dalam rangka mengembangkan pajale di Jambi. Karena pengembangan pajale tidak terlepas dari aspek ekonomi yang muatan indikator utama adalah pengambil keputusan dilevel petani,” Ucap Yanuar Fitri kemarin 10 Juli.

Mengenai lambatnya mengikuti ujian Disertasi, Yanuar mengungkapkan, dirinya tidak hanya sebagai dosen pengajar di FE Unja saja, tapi juga memiliki kompetensi lain yang ada didunia lingkungan. Kompetensi tersebut harus dimaksimalkan untuk pengembangan dirinya dan instansi.

“Alhamdulillah, atas izin Allah saya berhasil sampai dititik ini. Saya ucapkan Terimakasih kepada keluarga orang tua saya Nazaruddin Ilyas, orang yang sangat berdedikasi kepada saya hingga saya memperoleh gelar tertinggi  ini, istri saya Nurul Yestarina Rahmi, SE, anak-anak saya Ulfi Atha Tifalni Yanuar ST, Jihan Ramadhani, Hanafiah Triyana dan Hanafiah Triyani, yang selalu memberikan dorongan dan motivasi agar saya cepat selesai, tanpa ada mereka saya kurang bersemangat untuk menyelesaikan S3 ini,” Ucapnya

Sementara itu, Promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,M.S mengatakan, Yanuar Fitri dapat mempertahankan prestasi dengan nilai A. Hanya saja yang bersangkutan dapat menyelesaikan sidang Disertasi 2 tahun yang lalu.

Promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,M.S

“Apalagi isi Disertasi bersangkutan menyangkut persoalan utama di Indonesia dan di Jambi, tapi kami maklumi kesibukan yang berangkutan, dan pada akhirnya fokus menyelesaiakan sidang Disertasi,” terang Promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,M.S.

Sumber: