Kuliah Lapangan, Meliput Aksi di Gedung DPRD Jambi

Kuliah Lapangan, Meliput Aksi di Gedung DPRD Jambi

Mahasiswa dan Dosen Praktisi di Gedung DPRD Provinsi Jambi, usai melaksanakan kegiatan aksi, Selasa (11/6/2024).-Amelia/ Jektvnews -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Para mahasiswa Jurnalistik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, melakukan kuliah lapangan meliput aksi unjuk rasa penolakan UU Penyiaran bersama dosen praktisi dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Selain kuliah lapangan, mereka juga berpartisipasi dalam aksi bersama Koalisi Penyelamat Pilar Demokrasi di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota, Senin (27/5/2024).

Lisa, salah satu mahasiswi, mengatakan bahwa praktik meliput berita yang ditugaskan adalah pengalaman pertama turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan foto berita.

BACA JUGA:Pameran Anyaman Tradisional Jambi Kenalkan Sejarah dan Perkembangan Seni Anyaman Pada Pelajar dan Masyarakat

Ia meliput sekaligus ikut serta dalam aksi penolakan RUU yang mengancam kebebasan pers. 

“Awalnya kaget lihat dan ikut jurnalis lakukan aksi penolakan UU Penyiaran karena ini kali pertamanya ikutan aksi demo, tapi juga seneng dari kuliah lapangan bisa ada pengalaman belajar liputan berita,” ujarnya, Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA:Sikap BPIP Terhadap Hasil IJTIMA MUI ke 8 Tentang Pengucapan Salam

Mahasiswa melakukan liputan dengan cara mengambil foto aksi unjuk rasa, dilanjutkan dengan observasi, hingga verifikasi.

Setelah itu, mahasiswa membuat keterangan yang memenuhi 5W+1H sesuai dengan foto yang telah diambil dan dipilih menjadi sebuah berita.

.

.

.

Penulis : Amelia Agustuna dan Jelindra Wahyuni - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jambi, Angkatan 2021.

Sumber: