Wagub Sani Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Wagub Sani Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Jambi-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang digelar Sabtu 1 Juni 2024, di Lapangan Kantor Gubernur Jambi. Peringatan Harlah Pancasila ini juga dirangkai dengan pemberian ucapan selamat kepada Paskibraka Provinsi Jambi Tahun 2023 yang resmi Purna Tugas.

Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu 1 Juni pagi, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi menggelar upacara bendera di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani. Adapun peringatan tahun ini mengusung tema, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan IPAL Bambu Kuning di Pekanbaru

Upacara bendera peringatan Harlah Pancasila berjalan dengan khidmat dan lancer, turut dihadiri oleh Sekda Provinsi Jambi, Unsur Forkopimda, Pejabat hingga Kepala OPD dilingkup Pemprov Jambi dan tamu undangan lainnya.

Wagub Sani selanjutnya membacakan amanat dari Kepala BPIP, dengan esensi bahwa hari ini merupakan momen bersejarah lahirnya Pancasila ketika Bung Karno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) mengusulkan lima prinsip dasar yang disebut Pancasila, kemudian diterima secara luas sebagai fondasi ideologis negara Indonesia.

Lebih lanjut, Wagub Sani mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian, terutama dalam menyongsong bonus demografi dengan menempatkan kaum milenial dan generasi Z sebagai Pelaku Utama pembangunan bangsa.

BACA JUGA:Pelantikan Pengurus KONI Tanjab Barat 2024-2028, Bupati Anwar Sadat Dorong Peningkatan Prestasi Olahraga

Menutup amanatnya, Sani berharap agar peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.

“Tentu harapan kita khususnya di Provinsi Jambi mulai jajaran pemerintahan sampai seluruh rakyat Indonesia di Jambi berusaha untuk bagaimana melaksanakan apa yang menjadi harapan kita, kita tahu bahwa pancasila sebagian sebab negara berbangsa,” ujar Abdullah Sani , Wakil Gubernur Jambi , Sabtu (1/6). 

BACA JUGA:2 CJH dari Kota Jambi Batal Menunaikan Ibadah Haji di Tahun 2024

“Maka harapan kita memantapkan persatuan di Jambi di mana pun kita berada bahkan jangan sampai membeda-bedakan suku, agama, dan bahasa. Mari kita bersatu padu untuk bersama-sama membangun Negeri sesuai dengan apa yang diharapkan bangsa ini,” tambahnya.

Sumber: