Kebakaran Hutan Lahan Terjadi Lagi, Lahan yang Terbakar Mendekati Jalur Pipa Gas PT. Petrochina

Kebakaran Hutan Lahan Terjadi Lagi, Lahan yang Terbakar Mendekati Jalur Pipa Gas PT. Petrochina

Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jektvnews-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kali ini terjadi di Dusun Rawa Medit Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara pada Jumat siang. Tak khayal sekitar 2 hektar lahan gambut yang terbakar meluas, hingga mendekati jalur pipa gas PT. Petrochina.

Petugas gabungan BPBD tim reaksi cepat bersama TNI-Polri Jambi berjibaku melakukan pemadaman kebakaran lahan tersebut. Petugas gabungan ini dikerahkan untuk memadamkan api, tidak hanya personil darat melainkan juga sejumlah helikopter water bombing untuk menjangkau titik api yang sulit di jangkau. 

BACA JUGA:Gubernur Al Haris Serahkan Sertifikat Indikasi Geografis Nanas Tangkit Baru

Kencangnya hembusan angin membuat api terus berkobar dan kian sulit dipadamkan. Bahkan api yang terus meluas mulai mendekati kawasan jalur pipa gas milik PT. Petrochina. 

Dalam kesempatan ini M. Isya Kabid Kesiapsiagaan dan Sapras BPBD Tanjung Jabung Barat mengakui, saat ini api sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan oleh petugas gabungan darat dan udara dengan bantuan water bombing, dari pendapatan awal saat ini total luasan lahan yang terbakar mencapai dua hektar lebih.

BACA JUGA:Kerap Turun Hujan, Dinkes Himbau Masyarakat Waspada DBD

“Awalnya kami dapat informasi dari Babinsa dan BKTM yang bertugas di daerah Betara bahwa terjadi kebakaran hutan atau lahan. Jadi tim dari kami sekitar jam 10 pagi itu meluncur kesana, untuk ikut berpartisipasi memadamkan api. Alhamdulillah api sudah mulai padam setelah dibombing,” ujarnya, Sabtu (18/5).

Meski telah padam, saat ini petugas masih terus melakukan pendidinginan di lokasi lahan yang terbakar, ini dilakukan agar titik api tidak kembali muncul dan memicu kebakaran. Sementara, untuk penyebab kebakaran sendiri petugas dari kepolisian sedang melakukan pendalaman dan penyelidikan untuk mengetahui siapa yang membakar lahan tersebut, apakah disengaja oleh oknum yang ingin membuka lahan dengan cara dibakar.

Sumber: