Libur Kenaikan Isa Almasih, Aktivitas Penumpang di Sejumlah Pelabuhan Terlihat Lengang Sepi

Libur Kenaikan Isa Almasih, Aktivitas Penumpang di Sejumlah Pelabuhan Terlihat Lengang Sepi

Speedbot di Pelabuhan LLASDP-Jektvnews-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - 9 Mei merupakan hari libur Kenaikan Isa Almasih, yang mana meski hari libur aktivitas penumpang disejumlah pelabuhan yang ada di Kota Kuala Tungkal terlihat lengang atau sepi. Meski demikian kapal speedboat selalu stand by dipelabuhan, terkhusus di pelabuhan LLASDP.

Meski hari libur bukan berarti aktivitas dipelabuhan terlihat ramai, justru aktivitas dipelabuhan terlihat lengang atau sepi penumpang. Menurut para agen kapal speedboat jika bukan dihari libur ini saja aktivitas penumpang terlihat sepi, namun dihari-hari biasa aktivitas penumpang terlihat sepi, atau kembali seperti biasa, karena jika saat ini terkadang banyak barang titipan yang dibawa, ketimbang penumpang. 

BACA JUGA:Paripurna DPRD Kota Jambi Terkait LHP BPK Perwakilan Provinsi Jambi Terhadap Kota Jambi

Agen kapal speedboat Abdul Kadir Fauzi membenarkan, jika hari libur ini aktivitas penumpang seperti biasa, atau tidak terdapat lonjakan penumpang, bahkan terlihat sepi, sebab pada hari ini saja hanya satu kapal speedboat yang diberangkatkan, setidaknya dari kapasitas isi penumpang kapal, rata-rata kapal speedboat miliknya banyak membawa barang titipan ke berbagai tujuan, ketimbang jumlah penumpang, dan biasanya lonjakan penumpang akan ramai terjadi ketika mendekati Hari Raya Idul Adha mendatang. Bahkan kapal speedboat diagen miliknya selalu stand by, terkhusus di Pelabuhan LLASDP.

“Kalau untuk aktivitas penumpang seperti biasa aja, walaupun hari libur tujuannya aktivitas penumpang kita rata-rata ke daerah Riau, yang terutama sekali daerah Unjangan dan sekitarnya. Untuk kapasitas speedboat kita 60 orang, tetapi untuk hari ini hanya separuhnya, hari pertama ini baru satu kapal, tapi pada intinya kita standby terus,” ujar Abdul Kadir Fauzi, Agen Speedboat di Pelabuhan LLASDP, Kamis (9/5).

BACA JUGA:Ombudsman Jambi Tegaskan ke Pemda Agar PPPK Tahun 2024 Tidak Ada Tes SKTT

Hal senada juga diungkapkan oleh Amirudin, ia dan para agen kapal speedboat lainnya, hanya bisa stand ny menunggu penumpang yang menggunakan jasa armada kapal dari agen miliknya. Karena rata-rata penumpang lokal saja yang berbagai tujuan, baik antar kabupaten dan provinsi. Sedangkan penumpang tujuan Batam banyak lebih memiliki menggunakan kapal besar di Pelabuhan Roro, karena ongkos tiket lebih murah, dibandingkan menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan LLASDP.

BACA JUGA:Razia Penertiban Batu Bara Akan Terus Digelar Hingga Para Sopir Mematuhi Aturan

“Penumpang di pelabuhan ini tidak terlalu ramai pada hari libur, malah menurun. Tujuan kita ke daerah sini, ke Tanjung Balai Aura. Berangkat bawa penumpang bisa sampai 30 orang kalau menggunakan kapal kita yang besar, kalau yang kecil-kecil dapat 10-20 penumpang,” ungkap Amirudin, Agen Speedboat di Pelabuhan LLASDP, Kamis (9/5).

Sumber: