Dimas Mahasiswa Penyandang Difabel Lulus Tercepat, Peraih Bantuan Pendidikan S2 dari Rektor UIN STS Jambi

Dimas Mahasiswa Penyandang Difabel Lulus Tercepat, Peraih Bantuan Pendidikan S2 dari Rektor UIN STS Jambi

Dimas Mahasiswa Penyandang Difabel Lulus Tercepat, Peraih Bantuan Pendidikan S2 dari Rektor UIN STS Jambi-Ist-

JEKTVNEWS.COM - Tanggal 2 Februari menjadi hari yang bersejarah dan sangat membanggakan bagi Dimas Dwi Putra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sejarah Pemikiran Islam (SPI), Fakultas Adab, UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi. Dimas adalah mahasiswa difabel penyandang celebral palsy yang dinyatakan lulus pada semester VII.

Dia membuat bangga UIN STS Jambi karena menjadi mahasiswa pertama dari Prodi SPI pada periode ini yang dinyatakan lulus pada semester VII dan bahkan berhasil mengungguli teman lain seangkatannya. 

Ketua Sidang, Dr. Ali Muzakir, M. Ag., dan para penguji, yakni Rahyu Zami, M. Hum., dan Hendra Gunawan M. Hum., bersama para penguji, Dr. Nurdin, M. Fil. I., dan Dr. Benny Agusti Putra, M.A., memutuskan Dimas lulus dari sidang skripsi dengan nilai A. Skripsinya berjudul Peristiwa Perang Dalam Buku Sirah Nabawiyah Karya Ibnu Hisyam: Kajian Historiografi. 

BACA JUGA:Saatnya Menentukan Pilihan, 3 Tujuan Utama Berinvestasi, Berikut Penjelasannya

Suasana sidang skripsi yang awalnya berlangsung khidmat, mendadak haru. Orangtua dan beberapa rekan seangkatan Dimas dipanggil oleh ketua sidang ke dalam ruangan untuk mendengarkan secara langsung hasil sidang skripsi yang istimewa tersebut.

Dimas selain dinyatakan lulus dengan nilai A, dia mendapat predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK), 3, 90. 

Dr. Benny Agusti Putra, salah seorang pembimbing skripsi Dimas, salut dengan semangat Dimas selama proses bimbingan. Menurut dia, Dimas betul-betul penuh semangat dan dedikasi untuk bisa menyelesaikan skripsinya secara cepat. “Dia (Dimas) semangat sekali. Orangnya pantang menyerah. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang lain,” katanya. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Hadiri Rakor Deteksi Potensi Ganguan Kamtibmas Jelang Pemilu

Keberhasilan Dimas juga menjadi kebanggan Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. Asad Isma, M. Pd. Mahasiswa asal Kerinci kelahiran Palembang, 26 Mei 2001, ini bersama sang ibunda, Siti Zahara, sengaja diundang ke ruangan kerja Rektor pada Senin (12/2) pagi. Kedatangan mereka didampingi oleh salah seorang Dosen Tarbiyah, UIN STS Jambi, Maimunah Hasibuan, yang sebelumnya merupakan anggota tim Pusat Kajian Disabilitas UIN STS Jambi. 

“Saya betul-betul bangga. Kita sebagai kampus yang inklusif sangat terharu dan bangga, punya lulusan Dimas ini. Saya dengar Dimas lulus dengan predikat cumlaude. Bahkan lulus lebih dulu dari teman-teman yang lain. Selamat untuk Dimas. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang lain,” kata Rektor haru sembari angkat dua jempol ke arah Dimas. 

Rektor juga memberikan motivasi dan mendorong Dimas untuk terus melanjutkan pendidikan. Tak ada istilah berhenti untuk terus belajar. Rektor meminta Dimas untuk mengejar mimpinya selama ini. “Jangan patah semangat. Harus terus ada semangat melanjutkan pendidikan,” ucapnya. 

BACA JUGA:Mengelola Batubara Menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU MT)

“Saya ingin kuliah S2 pak,” kata Dimas merespon pernyataan Rektor. “Dimas juga ingin jadi dosen,” ujar ibunda Dimas menambahkan. 

Mendengar hal itu, Rektor langsung menghubungi pihak kementerian agama untuk menjajaki peluang skema studi lanjut untuk lulusan yang difabel. Hanya saja, di kesempatan itu, disampaikan bahwa sekarang belum ada skema program bantuan pendidikan lanjut untuk kelompok difabel dari pusat. 

Sumber: