Tantangan Timnas Indonesia Melawan Vietnam Di Piala Asia 2023

Tantangan Timnas Indonesia Melawan Vietnam Di Piala Asia 2023

Tantangan Timnas Indonesia Melawan Vietnam Di Piala Asia 2023--pssi.org

JEKTVNEWS.COM - Timnas Indonesia telah mengalami transformasi yang signifikan, terlihat dari statistik pertandingan melawan Irak di Piala Asia 2023 (2024) dan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Meskipun kalah 1-5 dan 1-3 dari Irak, terdapat indikasi bahwa skuad Garuda akan tampil berbeda saat menghadapi Vietnam pada Jumat, 19 Januari 2023. Pada kedua pertandingan melawan Irak, ball possession tim asuhan Shin Tae Yong hanya mencapai 33 persen, tetapi jumlah umpan yang dilepaskan meningkat dari 265 menjadi 350, dengan akurasi yang lebih baik mencapai 279. Hal ini memberikan harapan bahwa Indonesia akan mampu bersaing secara lebih baik melawan Vietnam.

BACA JUGA:Gubernur Cup 2024, Tim Sepak Bola Tanjab Barat Siap Berlaga

Meskipun Indonesia belum pernah menang dalam lima tahun terakhir melawan Vietnam, adanya dua hasil imbang pada era kepelatihan Shin Tae Yong memberikan harapan. Ball possession menjadi kunci, dengan Vietnam dominan jika dapat menguasai permainan. Pelatih Shin Tae Yong telah merancang Indonesia sebagai tim dengan penguasaan bola yang kuat, terlihat dari laga uji coba melawan Libya. Meski kalah, Indonesia mampu menguasai ball possession hingga mencapai 61 persen. Namun, tantangan utama terletak pada lini pertahanan dan serangan.

BACA JUGA:Pertarungan Sengit Viktor Axelsen Melawan Lee Cheuk Yiu di Babak 16 Besar Malaysia Open 2024

Kemenangan melawan Vietnam menjadi kunci untuk melangkah ke babak 16 besar, mengingat rapor positif Indonesia di Piala Asia telah terguncang setelah kekalahan di laga perdana. Meskipun Vietnam berada di peringkat 100 dunia, absennya beberapa pemain kunci bisa menjadi peluang untuk dieksploitasi. Dengan imbang atau kekalahan dari Vietnam, peluang untuk menciptakan sejarah baru di Piala Asia bisa pupus. Meski peluang melawan Jepang pada 24 Januari 2024 nanti kecil, Indonesia masih memiliki harapan bersaing dengan tim dari Grup C dan F dalam perburuan posisi ketiga terbaik. Meskipun masih dianggap sebagai underdog, kesempatan Indonesia untuk lolos tergantung pada semangat juang pemain saat menghadapi Vietnam. Kemenangan melawan Vietnam akan membuka peluang untuk bermain pragmatis di pertandingan selanjutnya melawan Jepang.

Sumber: