Menyelami Keberagaman Pangan, 10 Sumber Makanan Sehat untuk Dinikmati

Menyelami Keberagaman Pangan, 10 Sumber Makanan Sehat untuk Dinikmati

Menyelami Keberagaman Pangan, 10 Sumber Makanan Sehat untuk Dinikmati-Jektvnews-

Kacang-kacangan, lentil, dan biji-bijian, seperti kacang hitam, almond, dan chia seeds, adalah sumber protein nabati, serat, dan lemak sehat. Mereka membantu meningkatkan kesehatan jantung, menjaga keseimbangan gula darah, dan memberikan rasa kenyang.

BACA JUGA:Tak Terkalahkan, Pebalap Astra Honda Kembali Raih Kemenangan di IATC 2023

7. Minyak Sehat dan Lemak Tidak Jenuh

Minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak biji rami, dan alpukat, mengandung lemak tidak jenuh tunggal dan ganda yang baik untuk jantung. Penggunaan minyak sehat dalam memasak atau sebagai saus salad dapat meningkatkan profil lemak tubuh.

8. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan mackerel, adalah sumber asam lemak omega-3. Asam lemak ini mendukung kesehatan otak, jantung, dan sistem saraf, serta memiliki sifat antiinflamasi.

BACA JUGA:Bersama Korlantas Polri, AHM Tingkatkan Konsistensi Edukasi Keselamatan Berkendara

9. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi, seperti yogurt, kimchi, dan miso, mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

10. Air dan Minuman Sehat Lainnya

Air adalah komponen kunci dalam menjaga hidrasi tubuh. Selain air, minuman sehat lainnya seperti teh hijau, teh herbal, dan jus buah tanpa tambahan gula juga dapat memberikan nutrisi tambahan dan manfaat kesehatan.

BACA JUGA:DPRD Jambi Edi Purwanto Ingatkan Netralitas, Tangkal Hoax dan Bangun Pemilu Damai

Mengonsumsi beragam sumber pangan ini dalam proporsi yang seimbang dapat mendukung kebutuhan gizi harian dan mempromosikan kesehatan umum. Penting untuk diingat bahwa variasi adalah kunci, dan konsultasi dengan profesional kesehatan dapat membantu menyesuaikan pola makan sesuai kebutuhan individu.

Sumber: