Pelatihan Pembuatan Kit Praktikum Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno di SMKN 9 Muaro Jambi

Pelatihan Pembuatan Kit Praktikum Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno di SMKN 9 Muaro Jambi

Pelatihan Pembuatan Kit Praktikum Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno di SMKN 9 Muaro Jambi oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.-Ist-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pelatihan Pembuatan Kit Praktikum Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno di SMKN 9 Muaro JAMBI oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Sains dan Teknologi Universitas JAMBI.

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi mengadakan pelatihan pembuatan Kit Praktikum kelistrikan berbasis mikrokontroler Arduino uno kepada guru-guru di SMK Negeri 9 Muaro Jambi. Di SMK Negeri 9 terdapat jurusan teknik kendaraan ringan dan teknik instalasi listrik yang memerlukan praktikum di bidang kelistrikan.

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Pimpin Rapat Paripurna Dengar Pidato Presiden

Melalui kegiatan ini, guru-guru di SMK Negeri 9 mendapatkan keterampilan cara menggunakan mikrokontroler Arduino Uno untuk mendukung pelaksanaan praktikum.Penggunaan mikrokontroler Arduino Uno lebih praktis, murah, portable, dan dapat dikembangkan menjadi internet of things (IoT). 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Kamis, 3 Agustus 2023 secara luring di auditorium SMK Negeri 9 Muaro Jambi. Acara dihadiri oleh 34 guru dari SMK Negeri 9 dan dosen program studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi.

Acara diawali dengan sambutan selamat datang oleh Kepala SMK Negeri 9 Muaro Jambi, Ibu Ir. Inggit Gunarsih, S.Pd dan sambutan Kaprodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi, Ibu Nurhidayah, M.Sc.

BACA JUGA:Absen dari Jadwal NCT Nation, Taeil NCT Alami Kecelakaan Sepeda Motor

Acara berikutnya penyampaian materi dan pengenalan singkat tentang mikrokontroler Arduino Uno oleh dosen program studi fisika yaitu Tika Restianingsih, M.Sc. dan Jesi Pebralia, M.Si. Selanjutnya dilakukan demonstrasi penggunaan kit praktikum secara berkelompok agar para guru dapat ikut mempraktekkan langsung cara kerja mikrokontroler arduino uno.

Para peserta kegiatan sangat antusias selama pelatihan dan banyak yang bertanya tentang penerapan mikrokontroler arduino Uno dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Nami di Anime One Piece: Kejeniusan Navigasi dan Perjalanan Emosional

Para guru SMK Negeri 9 berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan untuk tahun berikutnya dengan memanfaatkan mikrokontroler arduino untuk melengkapi sarana dan prasarana sekolah yang berbasis mikrokontroler dan Internet of Things (IoT).

Kegiatan ditutup dengan acara foto bersama antara tim pengabdian masyarakat, mahasiswa, dan peserta pelatihan, serta pemberian kenang-kenangan dari tim pengabdian ke pihak SMK Negeri 9 Muaro Jambi.

Tim pengabdian juga memberikan empat buah kit praktikum berbasis mikrokontroler Arduino Uno beserta modul praktikum untuk dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 9 Muaro Jambi.

Sumber: