Masak Bayam ? Begini Cara Memasak Sayur Bayam

Sabtu 12-02-2022,21:03 WIB
Editor : AyIT

Sayur Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak kita temukan di Pasar, Supermarket maupun warung dan toko kelontong menjual sayuran. Sayuran kaya manfaat ini memiliki banyak vitamin dan mineral. Sebuah artikel dalam jurnal “Berita Biologi 12(2) Agustus 2013” menjelaskan, kandungan bayam per 100 gram meliputi:

    Energi: 100 kJ. Karbohidrat: 3,4 g. Protein: 2,5 g. Beta karoten: 4,1 mg. Vitamin B kompleks: 0,9 mg. Vitamin C: 52 mg.

Bayam mengandung vitamin C yang penting untuk tubuh manusia. Menurut publikasi Massey, dkk. dalam “The Journal of Nutrition 135 (7) Juli 2005”, manfaat vitamin C antara lain dapat membantu mengobati kanker, diabetes, infeksi virus dan bakteri, serta memperlambat penuaan dini.

Disamping banyak manfaatnya, sayur bayam juga meiliki cara khusus dalam memasaknya. Durasi memasak sayur bayam berpengaruh untuk menjaga kandungan nutrisinya, terutama lutein. Dalam sebuah penelitian oleh Linköping University di Swedia, semakin lama merebus bayam, semakin rendah kadar lutein yang tersisa. Sedangkan jika digoreng pada suhu tinggi, banyak kadar lutein yang berkurang hanya dalam dua menit. Para peneliti menyimpulkan, cara terbaik untuk mengonsumsi bayam adalah membuat smoothie yang dikombinasikan dengan lemak sehat, seperti alpukat atau mentega almond.

Alasannya adalah ketika bayam dipotong kecil-kecil, lebih banyak lutein yang dilepaskan dari daun dan lemak meningkatkan kemampuan menyerap antioksidan. Untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang maksimal, pastikan tidak merebus bayam terlalu lama atau tidak menumisnya dalam suhu terlalu tinggi.

Tags :
Kategori :

Terkait