Optimalisasi Hilirisasi Bisnis Peningkatan Kemampuan Manajerial Pelaku Usaha Kuliner Berbahan Baku Nanas

Selasa 17-09-2024,10:25 WIB
Editor : Admin

JEKTVNEWS.COM - Pelaku bisnis kuliner di Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi memiliki potensi besar untuk mengembangkan bisnis berbasis nanas. Nanas adalah buah tropis yang kaya akan vitamin dan mineral, serta memiliki rasa yang lezat dan aroma yang khas. Namun, untuk mencapai hilirisasi yang optimal, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan manajerial para pelaku bisnis.

 

Manajerial memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan hilirisasi bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi kembali mengambil peran dengan menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepada pelaku bisnis di desa Tangkit Baru dengan tema “Optimalisasi Hilirisasi Bisnis Melalui Peningkatan Kemampuan Manajerial Pada Pelaku Usaha Kuliner Berbahan Baku Nanas”.

 

Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat.

Universitas Jambi sebagai perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, akan tetapi juga melaksanan penelitian riset, pengembangan inovasi dan pengembangan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:IHSG Terkoreksi Tipis, Investor Menanti Laporan Keuangan Kuartal III-2024

Pelaku bisnis diberikan kesempatan untuk berdiskusi terkait manajemen pemasaran mulai dari tata kelola perusahaan, pendalaman terkait bisnis dan implementasi fungsi-fungsi manajemen dan proses pengelolaan keuangan mulai dari pencatatan sampai pengambilan keputusan.

 

Selain bisa berdiskusi, pelaku bisnis juga mengikuti pelatihan terkait dengan manajemen produksi meliputi manajemen operasional atau produksi dengan estimasi produksi berdasarkan kebutuhan pasar melalui forecasting, pengelolaan persediaan dan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.

 

Tidak hanya itu pelaku bisnis juga bisa mencoba secara langsung pemanfaatan teknologi dalam pencatatan transaksi keuangan berbasis digital dan analisis laporan keuangan untuk pengambilan keputusan. 

Dengan beranggotakan Dr. Tona Aurora Lubis, S.E., M.M, Drs. H. Firmansyah, M.E, Dr. Novita Ekasari, S.E., M.M, Ade Perdana Siregar, S.E., M.M, Dr. Ida Masriani, SE, MM. kegiatan ini berlangsung santai namun tetap khidmat.

 

Kategori :