Imigrasi Melaporkan Diduga 34 Juta Data Paspor WNI Mengalami Kebocoran

Imigrasi Melaporkan Diduga 34 Juta Data Paspor WNI Mengalami Kebocoran

Data Paspor WNI Bocor-NotebookCheck-

JEKTVNEWS.COM - Ditjen Imigrasi, Kementrian Hukum dan HAM, Silmy Karim menjelaskan soal kasus tersebut, ada 34 juta data paspor warga negara Indonesia (WNI) yang bocor.

Menurut Silmy, saat ini data-data biometrik pada paspor milik masyarakat masih dalam kondisi yang rahasia.

BACA JUGA:WOW!! Ternyata Bermain Catur Bisa Merangsang Kreativitas

Maka dapat dipastikan data masyarakat seperti pemindai retina, iris, fingerprint, face biometrik, voice recognition hingga DNA mmasih dalam status tidak bocor ke pihak lain.

"Pertama kita harus memberikan keyakinan bahwa data mengenai biometric itu aman. Tidak ada yang bocor. Artinya masyarakat tidak perlu khawatir. Biometric tidak ada bocor," kata Silmy, dikutip dari pmjnews, Selasa (11/7).

BACA JUGA:Sejarah Kejuaraan Catur Pertama di Indonesia

Di samping itu, Silmy memaparkan bahwa pihaknya sudah mengumpulkan ISO 27001-2022 atau setara dengan Standar Internasional yang telah dikeluarkan oleh Internasional Organization for Standardization (ISO) terkait Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dalam menjaga data agar tetap bersifat rahasia dan aman.

"Saya melihat laporan tim, itu bukan berarti bocor ke hacker, belum tentu. Yang penting bukan data biometrik, data text dasar yang saya dapat dari penyelidikan," tutupnya.

Sumber: