Bukan Sekedar Kebiasaan, Ternyata Mengigit Kuku Juga Ada Manfaatnya

Bukan Sekedar Kebiasaan, Ternyata Mengigit Kuku Juga Ada Manfaatnya

Ilustrasi Mengigit Jari-BantenNews-

JEKTVNEWS.COM - Mengigit kuku sebenarnya bukanlah kebiasaan yang baik. Melakukan kebiasaan ini bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan dan kebersihan. Namun, jika mencari manfaat apa pun dari mengigit kuku, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa disebutkan, meskipun sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk melakukannya:

1. Membantu melepaskan stres

Beberapa orang menggigit kuku sebagai cara untuk mengatasi stres atau kecemasan. Aktivitas ini dapat memberikan kelegaan sementara dan menjadi outlet untuk ketegangan mental. Namun, ada cara yang lebih baik dan sehat untuk mengatasi stres, seperti olahraga, meditasi, atau berbicara dengan seseorang.

BACA JUGA:Menarik! Series Bloodhounds Tayang 9 Juni 2023, Berikut Faktanya

2. Mengalihkan perhatian

Mengigit kuku dapat mengalihkan perhatian dari pikiran atau situasi yang membuat tidak nyaman atau cemas. Namun, mengalihkan perhatian ke aktivitas yang lebih positif, seperti membaca buku, menulis, atau mengerjakan hobi yang disukai, lebih bermanfaat untuk kesejahteraan mental dan emosional.

3. Memenuhi kebutuhan oral

Mengigit kuku dapat memberikan sensasi pada mulut dan memberikan pemenuhan sementara bagi kebutuhan oral. Namun, ada cara yang lebih sehat untuk memenuhi kebutuhan ini, seperti mengunyah permen karet tanpa gula atau mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan atau sayuran segar.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Pertolongan Pertama Saat Terjadi Demam Tinggi

Penting untuk diingat bahwa manfaat yang mungkin terkait dengan mengigit kuku ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan dampak negatifnya. Mengigit kuku dapat menyebabkan luka pada kulit dan kuku, infeksi, perubahan bentuk kuku, dan bahkan masalah gigi.

BACA JUGA:Patuhii Putusan MK, Masa Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang Menjadi Lima Tahun

Jika memiliki kebiasaan mengigit kuku yang sulit dihentikan, penting untuk mencari bantuan dari ahli kesehatan atau profesional terkait untuk membantu mengatasi kebiasaan tersebut.

Sumber: