Jalan Tol yang Telah Beroperasi di Sumatera Sepanjang 648 Kilometer

Jalan Tol yang Telah Beroperasi di Sumatera Sepanjang 648 Kilometer

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mencatat, hingga akhir Agustus, jalan tol yang telah beroperasi di Sumatera sepanjang 648 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Sehingga, akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

Adapun sembilan ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni–Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer, Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang sepanjang 189 kilometer, Kayu Agung–Jakabaring sepanjang 33 kilometer, Palembang–Indralaya sepanjang 22 kilometer, Medan–Binjai sepanjang 13 kilometer, Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi sepanjang 62 kilometer, Belawan–Medan–Tanjung Morawa sepanjang 43 kilometer, dan Seksi IV Aceh–Sigli sepanjang 14 kilometer.

“Satu ruas lagi Pekanbaru–Dumai sepanjang 131 kilometer yang sudah selesai, tinggal menunggu waktu peresmian oleh Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya, seperti dilansir dari Antara

Selanjutnya, berdasar data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, setelah seksi IV Jalan Tol Banda Aceh–Sigli, ruas tol Trans Sumatera yang akan beroperasi pada November adalah Jalan Tol Kayu Agung–Palembang–Betung segmen Jakabaring–Kramasan sepanjang 9 km. Progres ruas jalan tol tersebut kini sudah mencapai 98 persen.

“Segmen ini merupakan bagian dari Seksi I Kayu Agung–Palembang (Jakabaring) sepanjang 34 kilometer yang sudah beroperasi tanpa tarif sejak April. Kramasan merupakan exit ke Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera,” terang Basuki.

Untuk Seksi II Palembang–Betung telah dimulai pada Juli dan ditargetkan pembangunan Tol Kayu Agung–Palembang–Betung selesai secara keseluruhan pada Januari 2022.

Kehadiran Tol Kayu Agung–Palembang sudah lama dinantikan warga Sumatera Selatan (Sumsel) guna mendukung kelancaran pergerakan orang dan barang (logistik).

Ditambahkan, tercatat sebanyak dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 20 km yang ditargetkan menyusul operasional pada Desember tahun ini. Kedua ruas tersebut yakni Seksi 3 Tol Sigli–Banda Aceh Jantho–Indrapuri sepanjang 16 km dan Medan–Binjai seksi 1A Veteran-Tanjung Mulia sepanjang 4 kilometer. Saat ini, progres konstruksi masing-masing ruas tersebut 65 persen dan 89 persen.

“Dengan tambahan ketiga ruas tersebut, total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2019 mencapai 677 kilometer,” ujar Basuki. (jpc/pojoksatu)

Sumber: