Situs Kolam Segaran Mojopahit di Jawa Timur

Situs Kolam Segaran Mojopahit di Jawa Timur

Situs Kolam Segaran Mojopahit di Jawa Timur -Ist/ Jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Kolam Segaran adalah Destinasi Wisata Mojokerto Jawa Timur. Tempat berlokasi di Dukuh Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. 

Sejarah Situs Kolam Segaran Majapahit

Dilansir dari Sejarah Nusantara, kolam Segaran merupakan satu-satunya bangunan kolam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia. Hal ini lantaran, Kolam Segaran memiliki luas keseluruhan sekitar 6,5 hektare yang membujur ke arah utara-selatan sepanjang 375 meter dengan lebar 175 meter.

Bisa terbayang Kebesaran Majapahit saat itu.

Pada tahun 1926, kolam ini ditemukan dalam keadaan teruruk tanah. Kemudian pada tahun 1966, Kolam Segaran mengalami pemugaran sekedarnya. Di tahun 1974, barulah Kolam Segaran mulai dilakukan pemugaran yang lebih terencana dan menyeluruh. Dan prosesnya pelaksanaan pemugaran memakan waktu hampir sekitar 10 tahun.

Kolam Segaran merupakan satu-satunya bangunan kolam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia. Hal ini lantaran, Kolam Segaran memiliki luas keseluruhan sekitar 6,5 hektare yang membujur ke arah utara-selatan sepanjang 375 meter dengan lebar 175 meter. 

Sementara itu, sekeliling tepi kolam dilapisi dengan dinding setebal 1,60 meter dengan kedalaman 2,88 meter.Meski belum diketahui secara pasti, menurut masyarakat sekitar, Kolam Segaran ini digunakan keluarga Kerajaan Majapahit untuk rekreasi. Selain itu, kolam ini juga digunakan keluarga Kerajaan Majapahit untuk menjamu tamu dari luar negri.

Terdapat emperan yang menjorok ke tengah kolam yang berada di pintu masuk sebelah barat. Di sisi dalam emperan tersebut, terdapat undakan yang bisa digunakan untuk turun ke kolam. Uniknya, seluruh dinding dan emperan tersebut terbuat dari susunan batu bata tanpa bahan perekat.

Konon, untuk merekatkan susunan batu bata tersebut, batu bata yang berdampingan digosokkan satu sama lain. Kolam Segaran ini memiliki saluran jalan masuk air ke dalam kolam di sisi tenggara. Sedangkan, saluran jalan keluar air berada di sisi barat laut kolam. 

Air yang keluar mengalir ke Balongdawa (empang panjang) yang letaknya di barat laut. Selain itu, air yang keluar juga mengalir ke Balongbunder (empang bundar) yang berada di selatan. Menilik adanya saluran masuk dan keluar air, dulunya Kolam Segaran diduga juga berfungsi sebagai waduk dan penampung air.

Diarea sekitar lokasi tertulis papan yg besar Di Larang Menginjak Batu Bata Merah disekitar Kolam Segaran, tapi yg terjadi Kolam Segaran menjadi tempat bermancing, dan tempat untuk jogging. Gak tau apa peraturan dari pengelola Wisata Situs Kolam Segaran ini sudah berubah. 

BACA JUGA:5 Cara Menentukan Durian Matang dan Lezaat!!

Sama seperti saat kita berwisata di Lokasi Candi Borobudur, Candi Prambanan atau di Wisata Situs purbakala yg lainnya. Meskipun tempat itu adalah tempat suci untuk ibadah.  

Tapi karena jadi tempat wisata dan ada papan tulisan Dilarang Duduk di Batu Candi tetap saja banyak pengunjung yg gak mematuhi aturan.

Sumber: